5 Cara Mudah Bongkar Koper Usai Mudik Lebaran

Ilustrasi bongkar tas

JAKARTA- Lebaran telah selesai, kini saatnya kembali ke Ibu Kota untuk kembali menjalani aktivitas seperti biasa. Usai menempuh perjalanan panjang, yang melelahkan selanjutnya adalah membongkar koper atau tas bawaan dari kampung halaman.

Tak sedikit orang yang malas membongkar koper setibanya di rumah, bahkan memilih mendiamkan beberapa hari hingga tenaga kembali pulih dan mood datang, barulah mereka membongkar pakaian.

Ilustrasi bongkar tas

Tapi tak usah khawatir, karena ada cara mudah untuk membongkar koper anda. Disitat dari Her Packing List, berikut adalah solusi membongkar koper Anda:

Pertama, Tempatkan di Area Luar

Kita tidak pernah tahu berapa banyak bakteri dan kuman yang ada di koper Anda. Apalagi, jika di dalamnya terdapat banyak pakaian kotor. Memindah dan menyimpan koper di berbagai tempat dan ruangan dapat meningkatkan resiko kuman yang jika dibuka sembarang, dapat membuatnya berpindah ke tempat tidur atau sofa Anda.

Jadi sebaiknya, buka dan simpanlah koper di area terbuka seperti garasi, balkon atau teras rumah. Untuk menghindari kuman yang dapat menyebabkan Anda dan anak-anak terkena gatal-gatal.

Kedua, segera cuci Semua Pakaian kotor

Memang terdengar merepotkan. Tapi jika pakaian kotor tersimpan di dalam koper dalam waktu lama dapat membuat kuman tumbuh dua kali lipat, ditambah baunya yang semakin menyengat. Ada beberapa orang yang tidak mau repot, pakaian bersih yang dicampur dengan pakaian kotor di dalam koper, langsung dimasukkan begitu saja ke dalam lemari. Padahal hal itu berpotensi menyebar kuman ke pakaian bersih lainnya. So, sebaiknya segera masukkan semua pakaian kotor atau bersih yang tercampur ke dalam mesin cuci.

Ketiga, Taruh Alat Mandi di Kamar Mandi
Bagi Anda yang suka membawa peralatan mandi sendiri, biasanya menyimpannya ke dalam sebuah tas khusus yang berisi sabun, shampoo, sikat gigi, pembersih muka, dan peralatan lainnya. Setibanya di rumah, segeralah memasukkan peralatan tersebut ke kamar mandi.

Ini juga untuk mencegah kumah atau bau di dalam tas yang berkelanjutan

Keempat, Taruh Pernak-Pernik di Tempat Familiar

Kalau mudik tidak membawa oleh-oleh dan suvenir khas rasanya ada yang kurang. Bagi Anda yang suka membeli dan mengumpulkan pernak-pernik saat perjalanan mudik dan liburan, tak perlu Anda membongkarnya satu persatu. Cukup pisahkan, dan tempatkan di area umum yang bisa dilihat banyak orang, seperti ruang makan atau di atas kabinet yang ada di koridor rumah Anda. Segala macam pernik hingga pamflet bisa Anda kumpulkan di sana.

Apabila disimpan di tempat tersembunyi seperti tas khusus, kemungkinan besar Anda jarang memiliki waktu untuk membongkar dan menyimpan pernik itu di tempat yang semestinya. Area umum bisa membuat Anda mau tak mau menaruh pernik kecil di tempat yang seharusnya.

Kelima, Periksa, Bersihkan, dan Simpan Koper
Usai mengosongkan koper, mulailah memeriksa bagian koper yang kotor. Bersihkan sesuai instruksi yang disarankan jika diperlukan. Jika ingin lebih praktis dan tak ingin repot, Anda bisa memasukkannya langsung ke laundry atau servis perawatan tas dan koper.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here