Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Diabetes. (foto: Ist)

Besok hari, masyarakat muslim Indonesia akan berpuasa. Lalu, bagaimana caranya bagi penderita diabetes untuk menjaga makanan saat bersahur atau berbuka. Pasalnya, jika tidak dijaga, maka gula darah akan melonjak saat berbuka.

Makanya, diabetesi harus cermat dalam memilih makanan untuk bersahur dan berbuka, untuk mengontrol kadar gula darah. Nah, di bawah ini adalah tips aman untuk penderita diabetes dikutip dari Thehealtsite:

– Pilih makanan yang tepat dan sehat. Memilih makanan salah dan tak sehat dapat menimbulkan ketidakseimbangan kadar gula darah.

– Usai berbuka puasa, makanlah makanan kecil, sehat dan bergizi. Jangan memilih makanan yang digoreng atau sarat dengan banyak gula.

– Bijak dalam mengambil porsi makanan. Jangan sampai berlebihan, pasalnya dapat sebabkan keasaman, kembung, dan tidak nyaman, serta pengaruhi kadar gula darah.

– Usai berbuka puasa, minumlah cairan sehat. Air putih adalah minuman terbaik yang dapat diminum. Bisa juga memilih yang lain adalah minuman tanpa pemanis, termasuk susu. Sebaiknya hindari minuman kemasan, manis, dan jus buah.

– Lain itu, saat berbuka puasa hindari minuman berkafein, misalnya kopi dan soda. Pasalnya, minuman itu dapat sebabkan dehidrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here