Tak Hanya Gatot Nurmantyo, Ada 7 Jenderal TNI Dilarang Masuk Amerika Serikat

Wiranto-Prabowo, keduanya disebut-sebut diblacklist masuk AS.

JAKARTA- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang masuk Amerika Serikat saat check in di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu 21 Oktober pukul 17.50 WIB. Pelarangan jenderal TNI masuk Amerika Serikat bukanlah yang pertama kali, tercatat ada 7 Jenderal TNI, selain Jenderal Gatot Nurmantyo yang juga dilarang masuk Amerika Serikat.

BACA: KRONOLOGIS GATOT NURMANTYO DILARANG MASUK AMERIKA SERIKAT

Sejak tahun 1998, reformasi bergulir, terdapat sejumlah nama jenderal dari Angkatan Darat yang dianggap bertanggungjawab pada sejumlah peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) selama orde baru berkuasa. Para jenderal tersebut, yang kebanyakan saat ini sudah memasuki masa pension, mendapatkan blacklist, tidak boleh masuk negara Paman Sam, karena diduga terkait pelanggaran HAM di Indonesia.

Akan tetapi, sejumlah nama jenderal tersebut tidak diumumkan atau tercatat secara resmi di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Hanya saja, saat perizinan dilakukan maka visa atas nama 7 jenderal tersebut akan ditolak dan tidak bisa masuk wilayah Amerika Serikat.

Nama-nama jenderal tidak bisa masuk Amerika Serikat

Prabowo Subianto

Wiranto dan Prabowo

Nama Prabowo Subianto dilarang masuk Amerika Serikat sempat muncul ke permukaan saat berlangsungnya pemilu presiden pada tahun 2014. Entah siapa yang mengembuskan isu tersebut, yang pasti sang adik, Hashim Djoyohadikusumo, pebisnis yang seringkali berbisnis di Amerika Serikat itu angkat suara.

Akan tetapi, menurut Hashim secara pribadi Prabowo Subianto tidak ditolak untuk masuk negeri Paman Sam tersebut.

Prabowo Subianto pernah disebut-sebut melakukan pelanggaran HAM saat masih menjabat sebagai Danjen Kopassus. Saat itu tahun 1998, timnya dituding melakukan penculikan terhadap aktivis mahasiswa yang kritis terhadap Presiden Soeharto, yang sebagian tidak kembali alias hilang. Tapi, tudingan itu dibantah pihak Prabowo.

BACA JUGA: MENGENAL PANGLIMA MILITER AS, GENERAL JOSEPH DUNFORD

Jenderal Wiranto

Hashim Djoyohadikusumo saat itu juga menyebut nama Menko Polhukam Wiranto yang masuk daftar blacklist masuk Amerika Serikat. Tapi tudingan tersebut juga dibantah Partai Hanura, dan menganggap itu hanya kepanikan Hashim karena info Prabowo Subianto masuk blacklist Amerika Serikat tersebut.

Jenderal (purn) Wiranto, yang pernah menjabat sebagai Menpangab di penghujung masa Orde Baru itu disebut-sebut terlibat dalam pelanggaran HAM di era orde baru.

Pramono Edhie

Pramono Edhie saat menjabat KSAD.

Nama adik ipar mantan Presiden SBY, mantan KSAS Jenderal TNI Pramono Edhi juga ikut disebut dalam daftar jenderal yang di-blacklist masuk Amerika Serikat. Saat itu tersebut diembuskan, Pramono Ehie tengah menjadi peserta konvensi capres partai democrat.

Tudingan tersebut pun langsung dibantah Partai Demokrat, bahwa dua tahun sebelum isu itu diembuskan yaitu tahun 2012, Pramono Edhie pergi ke Amerika Serikat untuk sebuah acara, dan tidak ada penolakan.

Selain ketiga nama di atas, disebut juga sejumlah nama mantan Satgas Kopassus Timtim dan Pangdam Jaya di tahun 1998 (reformasi) Letjen Sjafrie Syamsudin, dan mantan Kepala Intelejen ABRI dan Ketua Satgas P3TT (Penitia Penentuan Pendapat Timor-Timor) Mayjen (purn) Zacky Makarim.

Letjen TNI Sjafrie Syamsudin.

Lain itu, ada dua nama jenderal (purn) yang juga disebut-sebut ditolak di negara lain, yaitu Australia. Kedua jenderal ini disebut-sebut terlibat dalam kasus pembunuhan lima wartawan Australia yang juga dikenal dengan sebutan Balibo Five.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here