Profil: Rita Widyasari, Penerus Dinasti Syaukani di Kutai Kertanegara

Profil Rita Widyasari
Profil Rita Widyasari

JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Bupati Kutai Kertanegara Rita Widyasari, belum diketahui siapa yang ditangkap dan dalam kasus apa.

Hingga kini petugas KPK masih melakukan penggeledahan di sekretariat Kantor Bupati Kutai Kertanegara. Lalu, siapakah Rita Widyasari dan bagaimana perjalanan karir politiknya.

Rita Widyasari, lahir di Tenggarong 7 November tahun 1973. Dia adalah putri dari mantan Bupati Kutai Kertanegara, Syaukani Hasan Rais.

Syaukani Rais adalah, Bupati pertama Kutai Kertanegara setelah pemekaran. Dia menjabat sejak tahun 1999-2004, kemudian menjabat kembali setelah menang Pilkada tahun 2004. Tapi, perjalananya karirnya terhenti, karena ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena menyalahgunakan dana perangsang pungutan sumber daya alam (migas), dana studi kelayakan Bandara Kutai, dana pembangunan Bandara Kutai, dan penyalahgunaan dana pos anggaran kesejahteraan masyarakat.

Syaukani HR

Diduga dituntut melakukan korupsi sejak 2001-2005 dengan total kerugian negara Rp113 miliar, dan kemudian divonis penjara 2 tahun, 6 bulan. Syaukani meninggal dunia pada tahun 2016, karena terserang stroke untuk kedua kalinya.

Rita Widyasari adalah putri kedua dari Syaukani Hasan Rais, kakaknya bernama Silvi Agustina, dan adiknya bernama Windra Sudarta. Ibunya adalah Hj Dayang Kartini.

Setelah ayahnya terjerat kasus korupsi dan digantikan Pjs Syamsuri Aspar, wakil bupati Kutai Kertanegara, kemudian Rita ikut meramaikan Pilkada tahun 2010, dan berhasil terpilih sebagai Bupati Kutai Kertanegara (Kukar) meneruskan karir sang ayah.

Mengikuti karir sang ayah, Rita Widyasari pun moncer sebagai Bupati Kukar. Dia berhasil menang kembali pada Pilkada tahun 2016 lalu. Pada 2010-2015, Rita berpasangan dengan Gufron Yusuf, sedangkan pada periode 2016–2021 berpasangan dengan Edi Damansyah.

TERSANDUNG VIDEO MESUM

Perjalanan karir mantan Ketua DPD II Partai Golkar Kutai Kertanegara itu tidak berlangsung mulus. Saat mencalonkan di Pilkada tahun 2010, sempat diserang dengan video mesum yang diduga diperankan dirinya, dengan pacarnya saat masih berkuliah di Bandung tahun 2000.

Video berdurasi 45 menit itu mengambil lokasi di salah satu tempat penginapan di kawasan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat. Di awal video, wanita diduga Rita bersama pasangan prianya sedang bercanda mesra di garasi mobil. Wanita itu bergaya dengan latar belakang sebuah mobil sedan Suzuki dengan nopol D 7xx CO. Kemudian, pasangan tersebut masuk ke dalam penginapan. Di ruangan tersebut, mereka berbincang-bincang dan dari dalam perbincangan itulah diduga adalah Rita karena logat Melayunya yang sangat kental.

Dalam video tersebut, keduanya tampak menonton video porno, dan tak lama kemudian keduanya pun melakukan hubungan seperti pasangan suami istri. “Ha..ha…sandiwara seorang bintang. Artis yang berkaliber dunia Rita Widyasari dalam berita…ha…ha…,” ujar sang pria usai melakukan hubungan intim.\

Menurut data jejaring sosialnya, Rita memang pernah kuliah di Bandung. Setelah SMA, dia melanjutkan pendidikan D3 Manajemen Sekretaris di Samarinda. Kemudian melanjutkan kuliah S1 di Universitas Padjajaran. Kemudian, S2 ditempuh di Universitas Soedirman, Purwokerto, kemudian S3 dilanjutkan di Universitas Utara Malaysia.

Saat itu, kebenaran video belum dapat dipastikan. Hanya saja, Dedy Sudarya, juru bicara tim sukses Rita menegaskan bahwa Rita tidak terlibat dalam video tersebut. Video diduga diembuskan untuk menjatuhkan Rita dalam pemilihan Bupati Kukar.

Nama Lengkap         : Rita Widyasari S.Sos, MM

Tempat Lahir             : Rabu, 7 November 1973 di Tenggarong, Kalimatan Timur

Zodiak                        : Scorpion

Suami                        : Endri Elfran Syafril, S.Sos., MM

Ayah                           : Syaukani Hasan Rais

PENDIDIKAN

SDN 002 Tenggarong (Lulus Tahun 1986)SMPN 1 Tenggarong (Lulus Tahun 1989)SMAN 1 Samarinda (Lulus Tahun 1992)ASMTB (Akademi Sekretaris dan Manajemen Taruna Bhakti Bandung)Universitas Padjajaran (S1 Lulus Tahun 2000)Universitas Jend. Soedirman (S2 Lulus Tahun 2005)

KARIR

Ketua STIE Kab. Kukar

Ketua DPRD Kab. Kukar

Komisaris UtamaPT. Ketopong Damai Persada

Bupati Kutai Kartanegara 2010-2015

Ketua umum DPD KNPI Kab. Kukar

Ketua umum DPD IPPI Kab. Kukar

Ketua KORDA INKADO KALTIM

Bendahara umum DPP AMMDI

Ketua DPD Partai GOLKAR Kab. Kukar

Ketua KONI Kab. Kukar

Ketua MPI Kab. Kukar

Wakil Bendahara DPP KNPI

Bupati Kutai Kartanegara (2015- 2020)

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here