PDIP Umumkan Cagub-Cawagub, Jateng-Jabar Belum Pasti

 

ORANYENEWS- Ketua Umum PDI Perjuangan hari ini dijadwalkan akan mengumumkan nama-nama cagub-cawagub yang akan diusung partai berlambang Banteng tersebut. Akan tetapi, kabarnya cagub-cawagub Jawa Tengah dan Jawa Barat tidak jadi diumumkan hari ini. Hanya empat daerah saja yang diumumkan.

Keempat daerah tersebut adalah Papua, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara. Demikian ungkap Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis 4 Januari 2018.

Mengenai informasi cagub-cawagub Jawa Tengah dan Jawa Barat, Komarudin Watubun mengaku tidak tahu. Dia mengaku bahwa undangan yang diterimanya hari ini, kepastiannya hanya untuk Pilkada Lampung dan Papua.

Kabarnya, PDIP akan mengusung Habel Suwae untuk menjadi Cawagub Papua. Habel Suwae adalah Bupati Jayapura selama dua periode.

NASIB CAGUB JABAR

Hingga saat ini, sepekan jelang pendaftaran cagub-cawagub, belum ada kepastian kapan PDI Perjuangan akan mengumumkan cagub-cawagub Jawa Tengah dan Jawa Barat. Padahal sehari sebelumnya, 3 Januari 2017, beredar pesan singkat bahwa Ketua Umum Megawati akan mengumumkan nama cagub-cawagub untuk Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Rabu 3 Januari DPP PDI Perjuangan juga kedatangan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kedatangannya diterima Ketua DPP PDIPAndreas Pereira dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Dwi Hartanto.

Kang Emil mengakui kedatangannya ini merupakan inisiasi dirinya untuk terus menjajaki dukungan PDI Perjuangan terhadap dirinya yang saat ini sudah mengantongi dukungan dari empat partai, Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura. Dengan dukungan tersebut, sebenarnya Ridwan Kamil sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai cagub Jawa Barat.

Hingga kini, Pilkada Jawa Barat sudah memiliki tiga calon, koalisi pertama adalah Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang didukung Gerindra, PKS, dan PAN.

Koalisi kedua masih dalam penjajakan, kemungkinan besar adalah koalisi Partai Demokrat dan Partai Golkar untuk mengusung dua Deddy, yaitu Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi, belum diketahui siapa cagub dan cawagubnya.

Koalisi ketiga adalah Ridwan Kamil yang diusung Nasdem, PP, PKB, dan Hanura. Akan tetapi, hingga kini Ridwan Kamil tersandera dengan calon wakil gubernur sebagai syarat dukungan PPP dan PKB.

PDIP dengan 20 kursi berpotensi memajukan satu pasangan calon lagi di Jawa Barat, sehingga bisa terdapat tiga pasangan calon. Salah satu tokoh yang disebut-sebut sebagai calon gubernur PDIP adalah mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan. Tapi, hingga kini elum diketahui siapa yang akan menjadi pilihan PDI Perjuangan.

PILKADA JAWA TENGAH

Serupa dengan Jawa Barat, PDI Perjuangan juga belum menentukan siapa calon gubernur untuk Jawa Tengah, yang merupakan basis dari partai berlambang Banteng tersebut.

Terdapat 19 tokoh yang sudah mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, dari nama tersebut ada lima nama mencalonkan sebagai calon gubernur dan 14 nama sebagai calon wakil gubernur. Mereka adalah:

  1. Ganjar Pranowo – Petahana Gubernur Jawa Tengah
    2. Musthofa – Bupati Kudus
    3. Wardoyo – Bupati Sukoharjo
    4. Sunarna – Mantan Bupati Klaten
    5. Lestariyono Loekito – Kepala Desa Tratemulyo, Weleri, Kendal

14 orang calon wakil gubernur Jateng yaitu:

1. Heru Sudjatmoko – Petahana Wakil Gubernur Jateng
2. Widhi Handoko – Notaris
3. Pho Iwan Salomo – Advokat
4. Junaedi – Bupati Pemalang
5. Ken Ragil Turyono – Bendahara DPC PDIP Purbalingga
6. Andang Wahyu Triyanto – Pengusaha
7. Mayjend (purn) Sunindyo – Mantan Pangdam IV/Diponegoro
8. Sigit Widyonindito – Wali Kota Magelang
9. Ahmad Marzuki – Bupati Jepara
10. Nurul Triwahyuni – Pengusaha
11. Abu Nafi – Mantan Wakil Bupati Blora
12. Dede Indra Permana – Anggota DPRD Jateng
13. R. Adi Purwanto Tjatur Nugroho – Advokat
14. Triyono Budi Sasongko – Mantan Bupati Purbalingga.

Di Jawa Tengah sendiri, koalisi Gerindra, PKS, dan PAN sudah mengusung Sudirman Said sebagai calon gubernur. Namun, hingga saat ini belum diketahui siapa calon wakil gubernur yang akan mendampingi dirinya.

Koalisi lainnya adalah Partai Demokrat, Golkar, dan PPP, yang saat ini tengah menyiapkan koalisi tengah dalam menghadapi PDIP dan koalisi Gerinda-PKS-PAN.

Ganjar-Heru Berada di Jakarta

Walaupun belum dapat dipastikan pengumuman mengenai calon gubernur dan wakil gubernur untuk Jawa Tengah, akan tetapi Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko saat ini tengah berada di Jakarta. Diduga keduanya, akan mengikuti pengumuman yang akan disampaikan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Apakah PDI Perjuangan akan mengusung kembali petahana? Atau calon lainnya? Ikuti terus di Oranyenews.com

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here