Kedubes AS Tak Kunjung Sebut Alasan Mengapa Tolak Jenderal Gatot Nurmantyo Masuk AS

Dubes AS Josep R Donovan bertemu Menhan. (Insert: Dubes AS bertemu Panglima TNI Gatot Nurmantyo).

JAKARTA- Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta tidak juga menyebut secara lugas apa alasan resmi mereka menolak Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk Amerika Serikat. Padahal, Jenderal Gatot Nurmantyo hendak terbang ke AS atas undangan resmi Panglima Militer AS Jenderal Joseph Dunford.

Pagi tadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah memanggil Kedubes AS di Indonesia Josep R Donovan Jr yang diwakili oleh Wakil Kedubes AS di Indonesia, Erin McKee. Dalam pertemuan tersebut, Retno Marsudi merasa penjelasan yang dilakukan Erin McKee sangatlah tidak cukup menjawab persoalan penolakan AS terhadap Jenderal Gatot Nurmantyo.

Gatot Nurmantyo

Retno mengatakan bahwa Kedubes AS di Indonesia telah berusaha menyelesaikan situasi dan menginformasikan sudah tidak ada lagi restriksi apapun terhadap Jenderal Gatot untuk berkunjung ke Amerika Serikat. Mereka juga telah meminta maaf terhadap insiden tersebut, bahkan permintaan maaf tersebut juga diposting di website resmi Kedubes AS di Indonesia.

Akan tetapi, kedua tindakan tersebut sama sekali tidak menjawab masalah utama yang menjadi pertanyaan besar. Mengapa Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk Amerika Serikat. Padahal saat mengurus visa di Kedubes AS di Indonesia, tidak ada masalah sama sekali.

“Saya sampaikan (kepada Erin McKee) bahwa itu tidak cukup. Kami tetap memerlukan penjelasan mengapa peristiwa itu sampai terjadi,” kata Menlu Retno Marsudi usai menerima Erin di kantornya.

Retno mengungkap bahwa Kedubes AS masih berusaha untuk mengetahui apa yang menyebabkan insiden tidak menyenangkan tersebut bisa terjadi. Bahkan, Kedubes mengaku siap memfasilitasi komunikasi antara Jenderal Gatot Nurmantyo dengan Jenderal Joseph Dunford untuk mendiskusikan masalah ini.

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang untuk memasuki wilayah AS saat akan terbang ke AS untuk menghadiri konferensi Chiefs of Defence Conference on Country Violent Extremist Organizations di Washington DC. Padahal kunjungan Panglima TNI ke AS dilakukan untuk memenuhi undangan dari Pimpinan Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford Jr.

Saat menjabat KSAD bersama Presiden Jokowi, dan Panglima TNI Moeldoko.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo ditolak memasuki wilayah AS oleh lembaga Perlindungan Perbatasan dan Cukai AS. Pemberitahuan itu diterima dari maskapai Emirates saat Jenderal Gatot Nurmantyo hendak check in di Bandara Soekarno-Hatta.

Walaupun Kedubes RI mengaku sudah mencabut larangan dan siap memfasilitasi keberangkatan Panglima TNI ke Amerika Serikat. Akan tetapi, Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku sudah tidak memiliki keinginan untuk hadir di acara yang dibesut Jenderal Joseph Dunford Jr itu.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here