‘Ditegur’ Pasien Dr Terawan, IDI Gelar Jumpa Pers Pagi Ini

0
68

ORANYENEWS- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ‘ditegur’ pasien dokter Terawan Agus Putranto karena mencabut keanggotaan Kepala RSPAD Gatot Soebroto tersebut sebagai dokter. Yang menegur bukan orang sembarangan, sehingga IDI menyiapkan jumpa pers hari ini.

Yak yang ‘menegur’ adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang memang sudah cukup lama menjadi pasien dokter Terawan, sama seperti sejumlah tokoh nasional lain seperti Dahlan Iskan, Jaya Suprana, Jenderal (purn) Moeldoko, dan lainnya.

Baca Juga: Metode Cuci Otak Ala Dokter Terawan

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berada di PMI menyatakan bahwa dirinya adalah salah satu pasien yang sudah merasakan manfaat dari metode cuci otak, untuk menghindari stroke.

Dan ternyata bukan hanya Jusuf Kalla, saat rapat kabinet dirinya bertanya kepada 10 orang menteri, ternyat 6 orang termasuk dirinya pernah menjalani pengobatan dokter Terawan tersebut. Bahkan, dia mengucap bahwa mantan Wapres Tru Sutrisno juga pernah dibantu dokter Terawan.

Makanya itu, Wapres Jusuf Kalla meminta agar IDI membahas masalah internalnya tersebut dengan baik.

“Lebih baik (diselesaikan) di internal, dikaji (ulang) dengan baik,” katanya.

Rencananya, Pengurus Besar IDI akan mengadakan Jumpa Pers pada hari Senin, 9 April 2018 pukul 10.00 di Sekretariat PB IDI, Jl. GSSY Ratulangi No. 29 Menteng Jakarta Pusat.

Diketahui, MKEK IDI mengungkapkan, pemberhentian sementara dilakukan karena Terawan dianggap melakukan pelanggaran kode etik kedokteran.

Dalam surat IDI yang beredar, pemecatan sementara terhadap Terawan sebagai anggota IDI berlaku selama 12 bulan, yaitu 26 Februari 2018-25 Februari 2019.

Selain diberhentikan sementara, rekomendasi izin praktik Terawan juga dicabut.

Terawan selama ini diketahui sebagai orang yang mengenalkan metode “cuci otak” untuk mengatasi penyakit stroke.

Terapi cuci otak dengan Digital Substraction Angiography (DSA) diklaim bisa menghilangkan penyumbatan di otak yang menjadi penyebab stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here