Inilah 4 Wujud Kesenjangan di Afrika Selatan yang Bikin Meneteskan Air Mata

Kesenjangan Afrika Selatan Sangat Mencolok Antara si kaya dan si miskin (foto : ist)

Afrika tak selamanya akan dijuluki daerah yang tertinggal. Contohnya di daerah benua hitam pada bagian selatan seperti Capetown, sudah ada kemajuan pada pembangunan, teknologi dan penduduknya.

Jadi jangan heran jika daerah ini dulu dijadikan tuan rumah piala dunia. Tetapi di balik itu, siapa sangka tetap ada kesenjangan walaupun di daerah maju Afrika.

Hal tersebut diabadikan oleh beberapa fotografer baik memakai alat drone atau memotret kegiatan warganya secara langsung. Ada juga yang diambil melalui akun medsos para anak orang kaya di daerah sana.

Lantas seperti apa perbedaan kondisi daerah tempat tinggal sana?

Kesenjangan afsel
Sikaya vs Simiskin

Salah seorang fotografer sempat memotret antara si kaya dengan si miskin ketika duduk bersama. Tidak semua dapat beli barang mewah, pakaian terkadang tidak punya.

Kondisi perkampungan miskin dan kaya di Capetown inilah yang paling mengherankan. Seperti halnya Indonesia waktu dulu, masih banyak yang memakai air sungai keruh untuk kebutuhan sehari-hari.

Para ‘Rich Kids’ memamerkan uang, namun banyak orang lain yang melarat juga. Ketika diamati secara langsung, ada perbandingan kesenjangan di Capetown

Banyak bangunan gedung tinggi di antara daerah kumuh. Seakan ada pembatas antara daerah maju dan miskin.

Kesenjangan afsel
kota vs kampung di Afrika Selatan

Sangat mengherankan masih banyak Rich Kids yang sering pamer harta di medsos. Mungkin dapat menyimpulkan sisi lain Capetown atau bagian Afrika Selatan.

Mungkin benar jika ada beberapa daerah di Afrika Selatan yang tidak kalah maju dengan negara lain, tetapi sayang masih banyak pekerjaan yang diselesaikan. Hampir mirip Indonesia, kondisi serupa sebenarnya terjadi di negeri ini.

Itulah sebabnya mengapa butuh pemerataan pada pembangunan dan teknologi supaya tidak ada yang kekurangan lagi.

Dalam beberapa waktu ini sedang populer terkait para “Kids Zaman Now” yang mulai trend di dunia maya. Mulai membuat vlog sambil menjelaskan tutorial di youtube, sampai membuat challange-challenge super aneh.

Kesenjangan afsel
Masih banyak yang menderita susah membeli baju

Mungkin dengan cara begitu mereka bisa mengekspresikan diri. Ternyata di benua hitam Afrika pun juga sempat viral atas kelakuan gaya baru nan aneh yang hampir mirip Kids Zaman Now.

Tetapi yang membedakan, para pelaku dengan sebutan Sapeurs ini menampilkan eksistensi diri mengenakan pakaian unik mereka. Meskipun di tengah kemiskinan, fashion akan jadi yang utama, bahkan tidak jarang memakai baju super mewah.

Gaya zaman now yang mulai diminati penduduk Afrika ini. Sejatinya mereka bukan dari kalangan orang kaya, hanya stylenya saja yang dibuat berbeda.

Mengenakan pakaian berwarna atau dengan gaya yang berkelas tinggi. Ternyata semua yang digunakan dari  barang-barang bekas.

Semua pakaian datangnya dari negara-negara Eropa, atau di daerah lain yang ingin menyumbangkannya.

Penampilan stylish sebagai wujud eksistensi maupun penolakan pada kondisi keadaan yang ada.

Tak sepenuhnya orang kaya saja yang dapat bergaya, mereka pun bisa membuktikannya. Mereka beranggapan stylish, memiliki peran penting serupa dengan makan dan tidur.

Kesenjangan afsel
keadaan yang sangat kontras

Tak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak juga menikmati gaya ini. Para penikmat gaya Sapeur ini meyakini agar bisa mengekspresikan diri dimanapun mereka berada.

Sapeur meyakini keberadaan mereka merupakan simbol kebebasan.

Dengan melihat gaya orang Afrika atau sering dengan istilah Zaman Now ini memang sangat terkesan kelewatan, mengingat kondisi negaranya saat ini masih dikatakan cukup miskin.

Para anak kecil kaya pamer uang, padahal banyak orang lain yang juga melarat

Kesenjangan afsel
banyak uang vs melarat

Tetapi mereka sejatinya menyadari keadaannya sama seperti yang lain, juga mengalami kondisi kemiskinan. Dengan gaya bak orang kaya tersebut hanya simbol mengekspresikan kepercayaan diri dan kebebasan saja.

Ketika dilihat dari atas, kita akan tahu kesenjangan yang ada di Cape Town

Kesenjangan afsel 5
cape town dilihat dari atas

Banyak gedung tinggi dibangun di antara daerah kumuh

Kesenjangan afsel 6
Pembangunan tidak merata

Seolah ada pembatas antara daerah maju dan terbelakang

Kesenjangan afsel 7
Perbatasan kaya dan miskin

Sayangnya masih banyak Rich Kids yang pamer dengan harta di medsos

Kesenjangan afsel 8
Keadaan rumah yang berbeda

Alhasil, dunia pun turut mengapresiasi atas usaha para pengikut gaya Sapeur ini. Mereka mengajarkan secara langsung, jika menjadi diri sendiri merupakan hal yang penting untuk kepercayaan diri..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here