Salat Jumat Bikin Ganteng, Mitos atau Fakta?

0
605
Pangeran tampan
Pangeran Sheikh Hamdan, pangeran dari 21 anak raja Dubai (Foto : ISt)

ORANYENEWS- Biasanya setiap jelang salat Jumat, beredar meme ataupun broadcast di media sosial yang menganjurkan segera salat Jumat, agar tingkat kegantengannya meningkat. Banyak yang menganggap sebagai lelucon tapi ada juga yang menganggapnya hal yang serius. Lalu, apakah ini mitos atau fakta?

Ustadz Soleh Sofyan atau akrab disapa Ustadz Solsof menjawabnya dengan tegas. Alumni Pondok Pesantren Daarul Rahman ini menjelaskan bahwa, jika seorang muslim pria menjalankan salat Jumat dengan mengikuti sunnah yang dijalankan Nabi Muhammad SAW, maka bisa dipastikan level kegantengannya meningkat.

“Cuma yang selama ini terjadi, salat Jumat-nya asal (gak ikuti sunnah Rasul) tapi pengen ganteng maksimal. Ya susah dong, ” ujarnya.

Makanya, jika ingin dapat ganteng maksimal, jalankan sunnah Nabi Muhammad SAW sebelum menjalankan salat Jumat. Apa saja itu?
Sunnah Membersihkan diri
Salah satu yang disunnahkan sebelum salat Jumat adalah membersihkan diri. Membersihkan badan, memotong kuku, membersihkan kotoran, membersihkan kumis, merapihkan rambut, janggut, bersiwak (menggosok gigi), mandi besar, dan kemudian menggunakan minyak wangi, serta mengenakan pakaian yang terbaik untuk salat Jumat.
Hadist Rasulullah SAW:

Abu Bakar bin al-Munkadir, dia berkata, ‘Amr bin Sulaim al-Anshari pernah memberitahuku, dia berkata, Aku bersaksi atas Abu Sa’id yang mengatakan, Aku bersaksi bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Mandi pada hari Jum’at itu wajib bagi setiap orang yang sudah baligh. Dan hendaklah dia menyikat gigi serta memakai wewangian jika punya.” HR. Muttafqun Alaihi).

Hadist Nabi Muhammad SAW lainnya:
Dari Salman al-Farisi, dia berkata, Nabi Muhammas SAW bersabda: “Tidaklah seseorang mandi dan bersuci semampunya pada hari Jum’at, memakai minyak rambut atau memakai minyak wangi di rumahnya kemudian keluar lalu dia tidak memisahkan antara dua orang (dalam shaff) kemudian mengerjakan shalat dan selanjutnya dia diam (tidak berbicara) jika khatib berkhutbah, melainkan akan diberikan ampunan kepadanya (atas kesalahan yang terjadi) antara Jum’atnya itu dengan Jum’at yang berikut-nya.” (HR. Bukhari).
Ustadz Solsof melanjutkan, jadi bisa dibayangkan. Jika seseorang membersihkan diri seperti sunnah di atas, maka sudah pasti tingkat kegantengannya akan meningkat dibandingkan sebelumnya.

“Apalagi untuk orang yang jarang mandi, jarang membersihkan diri, dan pakai wewangian. Sunnah salat Jumat ini jika dijalankan, tentu akan membuatnya lebih ganteng dibanding sebelumnya,” ujarnya.

Namun, dia mengingatkan. Bahwa tujuan membersihkan diri tidak boleh berhenti di situ karena ada sunnah salat Jumat lainnya. Niat bersuci juga harus diniatkan untuk menghadap Allah SWT saat salat Jumat. “Sehingga sudah dapat ganteng, dapat pahala juga. Jadi berlipat mendapat berkah hari Jumat,” katanya.

Sunnah salat Jumat lainnya adalah:

Datang ke Masjid Lebih Awal
Menempati shaff terdepan
Salat sunnah saat menunggu Khatib
Memperbanyak shalawat dan doa
Membaca Alquran dan Zikir sebelum salat Jumat dimulai
Salat sunnah usai salat Jumat
Tidak duduk memeluk lutut saat khatib berkhutbah.

Demikian sunnah salat Jumat, semoga bermanfaat. Wallahu ‘alam bisshawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here