Ongkos Haji Tahun Ini Resmi Naik Jadi Rp35 Juta

0
113
Jamaah haji (foto: Ist)

ORANYENEWS- Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI akhirnya menuntaskan pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) bersama Panitia Kerja (Panja) BPIH Kementerian Agama. Hasilnya, keduanya sepakat ongkos haji tahun ini naik menjadi Rp Rp 35.235.602

Ketua Komisi VIII, M Ali Taher mengatakan bahwa kenaikan tersebut utamanya disebabkan menguatnya nilai dolar terhadap rupiah, sehingga harga bahan bakar avtur di Arab Saudi mengalami kenaikan hingga 180 persen. Lain itu, pemberlakukan pajak dari pemerintah Arab Saudi sebesar 5 persen, ditambah lagi kenaikan biaya transportasi, dan tambahan frekuensi makanan dari 25 menjadi 40 kali.

“Berimbas pada naiknya harga untuk komponen penerbangan, pemondokan, katering, transportasi dan biaya operasional,” kata M Ali Taher, di Gedung DPR RI.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi panitia kerja yang berhasil melakukan efisiensi biaya penyelanggaraan haji, walau terjdi kenaikan sebesar 0,99 persen atau Rp345,290 dibandingkan tahun lalu.

Menurutnya, kenaikan ini masih di bawah kenaikan harga pajak serta fluktuasi nilai tukar mata uang yang merupakan wujud komitmen Komisi VIII DPR dan Kemenag.

Dia melanjutkan, bahwa hasil pembahasan di Komisi VIII DPR juga lebih rendah dari usulan biaya haji awal dari Pemerintah yang disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudiin pada rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI sebesar Rp 35.790.982.

“Kita bersyukur panja dengan kearifannya. Kenaikan tidak terlalu besar. Panja juga berhasil menaikan efisiensi di pos-pos. Sewa hotel di Mekkah efisien. Serasional mungkin,” kata Lukman.

SHARE
Previous article46 Dosen Telkom University Pamerkan Karya Seni Zaman Now
Next articlePesantren An-Nawawi Tanara Bangkitkan Ekonomi Ummat
Djoko Ari Wibowo
Reporter Oranyenews.com Panggilan akrabnya adalah Djoko. Merupakan alumni Universitas Pelita Harapan tahun 2010. Sejak lulus Djoko bekerja di portal media milik jawapost group. Namun diawal tahun dia bekerja ada pergolakan di hatinya yang merasa pekerjaannya sebagai wartawan suatu pengabdiannya untuk membokar kasus kasus permasalahan di negri tercinta ini (Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here