Jelang Pemilu 2019, Wacana ‘Merger’ Partai Islam Mengemuka

0
291
Partai Islam

ORANYENEWS- Setelah wacana poros tengah digalang Partai Demokrat, kini muncul wacana ‘merger’ empat Partai Islam (PPP, PKB, PKS, dan PAN) mengemuka. Wacana tersebut dikemukakan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Rahman KH Syukron Makmun. Menurutnya, penggabungan Partai Islam tersebut, dapat mengembalikan kejayaan dan kepimpinan Islam di Indonesia.

“Saya dulu jadi NU, jadi PMII bangga. Saya jadi Ansor bangga. Mengapa saya bangga, di susunan kabinet, Perdana Menteri KH Idham Cholid, Ketua Umum PBNU. Ketua DPR KH Achmad Syaikhu, Ketua PBNU. Ketua MPR KH Subhan ZE, Menteri Agama KH Saifuddin Zuhri, Menteri Keuangan pernah dipegang NU dari Purworejo Ahmad Mulyo Wiseno, pernah jadi menteri sosial. Ya Allah, alangkah hebatnya peranan ulama pada saat itu. Kapan ulama akan berperanan seperti itu? “ kata KH Syukron Makmun saat berpidato di acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren Daarul Rahman, Jagakarsa,Sabtu 10 Maret 2018.

Acara tersebut dihadiri para alim ulama dan habaib, serta pejabat negara seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Menristek Dikti Muhammad Natsir, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, serta pejabat lainnya.

“Alhamdulillah ada sahabat saya, doktor Imam Nahrowi menjadi Menpora, santri, ada Menristek Dikti, santri. Tapi, saya ingin lebih banyak lagi,” katanya.

Dia berharap ke depan sejumlah kementerian yang sifatnya sentral seperti Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Perindustrian dan yang lainnya dipegang oleh para ulama atau santri. “Itu yang saya inginkan, berperanan,” ujarnya.

KH Syukron Makmun pun mengaku memiliki sebuah cita-cita, yaitu berdirinya Partai Islam Indonesia. “Jadi itulah, bagi saya inginnya satu. Tampaknya cita-cita saya sebelum ke kuburan. Partai islam Indonesia. Ketua-ketuanya, Hidayat Nurwahi (PKS), Romahurmuziy (PPP), Muhaimin Iskandar (PKB), Zulkifli Hasan (PAN). Kapan kira-kira empat orang itu jadi pimpinan partai (Partai Islam Indonesia,” urainya.

Ketua Umum Forum Ulama dan Habaib ini mengaku bermimpi keempat tokoh sentral partai politik Islam ini berkumpul, duduk bersama. “Silakan pilih ketuanya, kalau tidak bisa, Syukron Makmun (yang) undi. Kapan ya, ada partai islam ketua-ketuanya dari ketua partai islam Indonesia. Pasti Insya Allah, salah satunya jadi presiden. Ini baru mimpi. Untungnya yang saya impikan hadir, mudah-mudahan suatu waktu nanti jadi kenyataan. Ini baru mimpi, tapi seringkali mimpi saya jadi kenyataan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here