Aston Martin Luncurkan Valkyrie AMR Pro hypercar di Geneva Motor Show 2018

0
370
Aston Martin Valkyrie AMR Pro hypercar (foto: mediasota)

ORANYENEWS- Aston Martin sebagai perusahaan mobil mewah dari Inggris mengumumkan debut besar dalam ajang Geneva International Motor Show 2018 yang ke-88.

Salah satu debut besar Aston Martin adalah Aston Martin Valkyrie AMR Pro hypercar yang telah resmi diumumkan oleh Christian Horner dan Adrian Newey.  Aston Martin Valkyrie AMR Pro merupakan evolusi pengembangan dari hypercar yang sangat sensasional yang khusus digunakan di jalur balap.

Aston Martin Valkyrie AMR Pro hypercar (foto: CarAdvice)

Mengambil basis dari versi mobil jalan raya, versi AMR Pro mengalami peningkatan dari kerja sama yang dilakukan oleh Adrian Newey, Chief Technical Officer dari Aston Martin Red Bull Racing, Marek Reichman yang merupakan Chief Creative Officer, dan David King, Chief Special Operations Officer dari Aston Martin. Tujuan dikembangkannya versi AMR Pro ini adalah untuk membuat mobil yang memiliki kapasitas performa seperti mobil Le Mans LMP1 saat ini atau mobil balap Formula One.

Detail teknis lengkap dari Valkyrie AMR Pro belum diumumkan, namun kunci dari AMR Pro sehingga dapat menghasilkan performa yang luar biasa adalah konstruksi dari mobil yang ringan dan aerodinamis yang menghasilkan downforce tinggi yang membuat bobot mobil hanya 1000kg, namun dengan bobot yang ringan mampu menghasilkan downforce yang sangat baik

Untuk mencapai angka yang luar biasa ini, semua permukaan aerodinamis Aston Martin Valkyrie AMR Pro telah diperbaiki dalam upaya meningkatkan downforce secara signifikan. Perubahan yang paling jelas adalah pada bodywork yang lebih lebar dan elemen sayap depan dan belakang yang jauh lebih besar, dikombinasikan dengan active aerodynamic control strategies yang sudah disesuaikan untuk track driving. Untuk menghemat bobot, keseluruhan bodywork ini menggunakan konstruksi serat karbon yang lebih ringan. Demikian juga dengan dilepasnya barang-barang seperti heater/de-mister blower dan layar infotainment yang dipasang pada versi mobil jalanan, dan pemasangan komponen sangat ringan seperti kaca depan yang terbuat dari bahan polycarbonate (yang dilengkapi dengan pemanas) dan jendela samping, wishbones suspensi dari serat karbon, kursi balap dan sistem pembuangan yang lebih ringan untuk memastikan bobot AMR Pro mencapai target berat 1000kg.

Perubahan kalibrasi pada sistem kontrol emisi pada mesin 6.5-liter naturally-aspirated V12 dan pemrograman ulang perangkat lunak kendali Energy Recovery Sytem akan menghasilkan output daya gabungan lebih dari 1100bhp – lebih banyak daripada versi mobil jalan Valkyrie dan menjadi sebuah angka luar biasa dimana melebihi ratio 1:1 power-to-weight. Itu berarti lebih dari 1bhp untuk mendorong setiap kilogram dari bobotnya. Dalam pemgembangan Valkyrie, etos kerja yang selalu dihindari adalah mengejar kecepatan tertinggi, namun bahkan dengan konfigurasi balap dengan downforce tinggi, AMR Pro masih mampu mencapai 225mph dan akselerasi lateral melebihi 3G – nilai yang jauh melampaui mobil lain yang melalui homologasi. Hanya 25 Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang akan dibuat dan rencana pengiriman akan dilaksanakan pada tahun 2020. Saat ini seluruh mobil telah laku terjual.

Selain meluncurkan Aston Martin Valkyrie AMR Pro, Aston Martin juga mengumumkan bahwa perusahaan jam tangan mewah Swiss TAG Heuer akan menjadi mitra jam resmi yang bertujuan untuk menyatukan dua merek mewah paling ikonik di dunia balap.

Meskipun kedua perusahaan tersebut memproduksi produk yang berbeda, kedua merk ini memiliki nilai yang sama, termasuk mengetahui bagaimana memanfaatkan motorsport untuk menguji performa dari produknya. Dalam endurance sports car racing, branding TAG Heuer akan tampil di mobil balap Aston Martin Vantage GTE yang baru saat FIA World Endurance Championship berlangsung di Spa-Francorchamps pada bulan Mei mendatang.

Di luar itu, kedua merek tersebut terus berinovasi dengan desain produk mereka yang dimana tim mereka terus mendorong tanpa batasan untuk menghasilkan produk yang unik. Kedua merk juga terkenal dengan perhatian terhadap detail dalam keahlian mereka dan membangun kualitas yang selalu dapat diandalkan oleh pelanggan setia mereka.

Kedepannya, kedua merk tersebut akan mengembangkan koleksi jam tangan yang mencakup semua aspek balap motor termasuk seri World Endurance Championship. Aston Martin dan Aston Martin Racing TAG Heuer watches, akan dipasarkan melalui jaringan distribusi global TAG Heuer dan jaringan dealer dan pusat merek Aston Martin di London dan Tokyo. Dengan dua merek yang dikenal dengan performanya, presisi dan perhatian terhadap detail, ketepatan dan pengerjaannya, produk pertama dari kemitraan baru ini tentunya akan sangat dinantikan.

Pengumuman besar terakhir dari Aston Martin adalah konsep Lagonda Vision. Aston Martin dengan bangga mempersembahkan konsep Lagonda Vision yang menandai dimulainya kendaraan mewah bebas emisi yang rencananya akan mulai di produksi pada tahun 2021.

Lagonda mengejar untuk menjadi merek mobil mewah dengan emisi nol pertama di dunia yang dimana pemikiran tradisional akan dihilangkan dan memanfaatkan kemajuan terbaru teknologi tenaga listrik dan teknologi penggerak otonom, yang merupakan revolusi terbesar dalam transportasi darat sejak penemuan mobil tersebut.

Lagonda akan menunjukkan bahwa kemewahan dan desain modern, meskipun memiliki ketertarikan yang berbeda, dapat bersatu secara harmoni yang juga saling meningkatkan karakteristik masing-masing yang paling diinginkan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here