Keutamaan Hari Jumat, Hari Nabi Adam AS Diciptakan dan Kiamat Terjadi

0
844
Keutamaan salat Jumat

ORANYENEWS- Hari Jumat bagi umat muslim adalah hari yang sangat istimewa. Pasalnya, menurut syariat Islam hari tersebut adalah hari yang sangat penting, sehingga sangat istimewa untuk memperbanyak amal ibadah

Hari Jumat disebut sebagai ‘sayyidul ayyam’ atau sebaik-baiknya hari. Pemimpin hari-hari setiap pekan, dimana di dalamnya terdapat beragam kejadian penting dalam sejarah Islam.

Sebut saja, Nabi Adam AS. Beliau diciptakan pada hari Jumat, dan pada hari yang sama juga harus meninggalkan surga untuk berada di bumi.

Di dalam sebuah buku berjudul Fadhilah Hari Jumat yang disusun Moh Sanusi, disebutkan apa saja keutamaan hari Jumat, yang di dalamnya bersumbur kepada Al Quran dan Hadist sahih Nabi Muhammad SAW.

Ibnul Qayyim al-Jauziah mengatakan bahwa hari Jum’at adalah hari ibadah. Dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, hari Jum’at laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jum’at seperti waktu mustajab pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan.

Di dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Muslim, Abu Daud, dan Nas’i disahkan Tirmidzi, dijelaskan bahwa “Sungguh, sebaik-baik hari dan matahari masih terbit adalah hari Jum’at yang suci. Pada hari itulah Adam diciptakan, di waktu itu ia dimasukkan ke dalam surga, dan di waktu itu pula ia dikeluarkan dari surga. Kiamat pun tidak akan terjadi, kecuali pada hari Jum’at”.

Kemudian, di dalam hadits yang lain diriwayatkan oleh Muslim, dijelaskan tentang keutamaan beribadah pada hari Jum’at, “Barang siapa berwudhu dengan sempurna, kemudian ia ikut shalat Jum’at, mendengarkan khutbah dan diam, maka dosa yang ia lakukan antara hari itu sampai Jum’at yang telah lalu ditambah tiga hari berikutnya, diampuni oleh Allah. Dan, barang siapa menyentuh kerikil (main-main ketika khatib sedang berkhutbah), maka sangatlah sia-sia”.

Hari Jum’at menjadi sebuah cermin bagi kualitas amal sepekan seorang hamba, sebagaimana bulan Ramadhan yang menjadi cerminan amal setahunnya. Jika amalnya pada hari Jum’at tersebut baik, seolah-olah menggambarkan amalnya pada pekan tersebut juga baik. Sebagaimana bulan Ramadhan, jika ibadah di dalamnya baik, baik pula amalnya pada tahun tersebut, begitu juga sebaliknya .
Dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah Ra          disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda  “Amal kebaikan itu akan berlipat ganda (pahalanya) pada hari Jum’at”. Kemudian, dalam riwayat lain dari Ka’ab Ra., Nabi Muhammad Saw. juga pernah bersabda: “Pahala bersedekah akan berlipat-lipat ganda di hari Jum’at.” Dari penjelasan kedua hadits tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bersedekah pada hari Jum’at jauh lebih baik daripada hari-hari yang lainnya. Selain itu, Jum’at juga menjadi hari yang mustajab atau terkabulnya doa. Maka, dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak berdoa pada malam atau di hari Jum’at.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here