Tangis Pecah Melihat Anak Tukang Batu Cium Kaki Ayah Usai Dilantik Jadi Polisi

0
457
Bripda Asrul saat bersimpuh di kaki sang ayah, tukang pemecah batu (foto: Ist)

ORANYENEWS- Kisah haru terjadi pada pelantikan Sekolah Polisi Negara Batua, Makasar, Sulawesi Selatan, Selasa 6 Maret 2018. Mendadak seorang anggota polisi yang baru saja dilantik sebagai Brigadir dua menghampiri seorang bapak berbatik merah, bersimpuh, dan mencium kakinya.

“Minta maaf Pak kalau ada salahku. Ini saja yang bisa saya kasih, jadi polisi,” ucap polisi tersebut, kemudian berdiri dan langsung memeluk sang ayah,Syamsuar

Tak tahan mendengar ucapan sang anak, pria paruh baya yang mengenakan batik merah itu langsung menangis, tak kuasa menahan haru.

Ternyata peristiwa itu menyita perhatian keluarga 600 polisi yang dilantik saat itu. Usut punya usut, ternyata Bripda tersebut diketahui bernama Asrul (20) dan ayahnya bernama Syamsuar (46).

Warga BTN Batara Ogi, Daya, Kecamatan Biringkanaya, itu tidak menyangka setelah menjalani pendidikan selama 7 bulan, akhirnya berhasil menjadi anggota polisi dengan pangkat brigadier dua. Padahal, Asrul berasal dari keluarga miskin, ayahnya adalah seorang tukang pemecah batu dan Asrul sendiri bekerja sebagai buruh bangunan dengan penghasilan yang tidak tetap.

Awalnya, dia sempat takut mendaftar karena banyak rumor yang beredar harus memiliki ‘uang pelicin’. Namun, dua hari sebelum penutupan Asrul mendaftar hingga akhirnya lulus sebagai Bripda.

Padahal, tahun 2016 dia pernah juga mendaftar sebagai bintara polisi tapi tidak lolos dengan alasan kesehatan. Kemudian, dia juga mendaftar menjadi bintara tentara juga tidak lolos karena alasan ukuran tinggi badan. Tak lelah, dia juga mendaftar sebagai calon tantama, juga tidak berhasil.

Hingga akhirnya dia nekat mendaftar lagi sebagai calon anggota polisi dan berhasil melalui sejumlah tes, sehingga dapat dilantik menjadi anggota polisi.

Syamsuar mengaku bangga dengan tekad keras anaknya menjadi abdi negara, karena sejak pendaftaran hingga lulus, dia mengaku tidak pernah mengeluarkan uang sepeser pun untuk Bripda Asrul.

Lalu, seperti apa perjuangan Asrul hingga lulus sebagai polisi. Ikuti berita selanjutnya di Oranyenews.com

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here