Penganiayaan Hoax, Marbot Masjid Garut Terancam 7 Tahun Penjara

0
682
Marbot Masjid, Mang Yuyu Mengaku Bohong Dianiaya
Marbot Masjid, Mang Yuyu Mengaku Bohong Dianiaya

ORANYENEWS- Setelah merekayasa cerita penganiayaan yang membuat masyarakat resah, Marbot Masjid Agung Istiqomah Pameungpeuk, Kabupaten Garut bernama Uyu Ruhiyana resmi ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus lap‎oran palsu.

Uyu Ruhiyana dijerat dengan
Status tersangka terhadap Marbot Uyu ini diatur Pasal 242 ayat 1 dan 3 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

Uyu Ruhyana (dok Polres Garut)

Berikut bunyi pasalnya:

Bab IX tentang Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu,Pasal 242 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana  (KUHP) : barang siapa dalam keadaan di mana undang-undang menentukan supaya memberi keterangan di atas sumpah atau mengadakan akibat hukum kepada keterangan yang demikian, dengan sengaja memberi keterangan palsu di atas sumpah, baik dengan lisan atau tulisan, secara pribadi maupun oleh kuasanya yang khusus ditunjuk untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Informasi hoax ini bermula saat Uyu menyebar informasi penganiayaan terhadap dirinya dengan senjata tajam, pelakunya lima orang. Setelah olah TKP dan diselidiki, ternyata diketahui, Uyu sengaja membuat cerita bohong tersebut

“Yang bersangkutan ditetapkan tersangka kasus pelaporan palsu dengan ancaman tujuh tahun pidana penjara,” ujar Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Kamis (28/2/2018).

Cerita hoax marbot Uyu tergolong meresahkan, karena cerita itu kemudian dimanfaatkan sekelompok orang yang dikemas dalam konten media sosial hingga akhirnya viral di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here