Perjalanan Persija Kampiun Piala Presiden 2018

0
407

ORANYENEWS- Persija Jakarta akhirnya berhasil menjadi kampiun Piala Presiden 2018 usai menaklukkan Bali United dengan skor 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu 17 Februari 2018.

Ketifa gol Persija Jakarta tersebut diciptakan Marko Simic pada menit ke-20, (45+2), dan Novri Setiawan (63′).

Pelatih Persija, Stefano Cugurra alias Teco tak mau lengah dengan langsung menerjunkan skuad terbaiknya di Final Piala Presiden 2018. Lini depan, Teco menempatkan Marko Simic yang dibantu Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Ramdani Lestaluhu.

Serdadu Tridatu, julukan Bali United, juga tak mau kalah. Pelatih Hans-Peter Schaller menurunkan striker Ilija Spasojevic dengan sokongan lini tengah dari Nick van Der Velden, Yabes Roni, dan Stefano Lilipaly.

Babak pertama, Persija mendapat peluang pertama. Bermula dari pelanggaran yang dilakukan terhadap Novri Setiawan, Persija mendapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United.

Bek sayap Persija, Rezaldi Hehanusa, yang mengeksekusi tendangan itu mengirim umpan ke kotak penalti, tetapi belum dapat disambut dengan baik oleh rekan setimnya.

Menit keenam, peluang didapatkan bek sayap Laskar Tridatu, Andhika, setelah berhasil menembus sisi kiri pertahanan Macan Kemayoran, julukan Persija.

Kesempatan itu tak disia-siakanz Andhika dengan langsung  melakukan tendangan ke arah gawang. Namun, usaha tersebut masih dapat diantisipasi kiper Persija, Andritany dengan baik.

Selanjutnya, beberapa kali akselerasi dari penyerang sayap Bali United, Yabes Roni, merepotkan barisan pertahanan Persija, terutama di sisi kiri.

Striker andalah Persija, Super Simic!berhasil membuat suporter di SUGBK bersorak setelah menggetarkan jala Bali United, Wawan Hendrawan, pada menit ke-20.

Bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi Rezaldi Hehanusa, bola kemudian diumpan ke kotak penalti lawan. Mendapat umpan matang, Simic, yang lolos dari pengawalan, berhasil menanduk bola dan menjebol gawang Wawan Hendrawan. Macan Kemayoran pun unggul 1-0.

Bali United mencoba memberi tekanan usai kekalahan, tetapi masih terbentur barisan pertahanan Persija yang digalang Ismed Sofyan dkk.

Pada menit ke-24, pertandingan sempat dihentikan setelah terjadi insiden antara Sandi Suthe dan Demerson. Namun,  wasit berhasil menengahi insiden setelah memberi peringatan kepada kedua pemain. Laga pun kembali berlanjut.

Pada menut 38, Bali United mendapat peluang lewat sang kapten, Fadil Sausu. Fadil melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, tetapi Andritany berhasil mengantisipasi hal tersebut.

Menit ke-41, Bali United mendapat tendangan bebas yang diambil Van der Velden. Bola diarahkan ke tengah kotak penalti, menuju Lilipaly, tetapi berhasil dihalau oleh Novri Setiawan.

Di penghujung akhir babak pertama, Persija sukses menambah koleksi gol dsri kaki Simic.  Umpan Rohit Chand dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Simic denganbmelakukan tendangan balik yang berhasil menembus gawang Wawan. Gol kedua pertandingan final tersebut merupakan gol ke-11 Super Simic pada gelaran final Piala Presiden 2018.

Skor pun berubah 2-0 untuk keunggulan Macan Kemayoran hingga turun minum.

Babak kedua, Bali United mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas yang dieksekusi Fadil Sausu, meluncur tepat ke arah gawang, namun lagi-lagi Andritany berhasil mengantisiasi dengan baik.

Selang dua menit, Macan Kemayoran yang mendapat peluang. Kali ini, Novri Setiawan berhasil merangsek dari sisi kanan pertahanan Bali United. Setelah punya ruang tembak, dia melepaskan tendangan, tetapi Wawan Hendrawan masih dapat menangkap bola

Mengejar ketertinggalan, Hans Peter-Schaller melakukan beberapa pergantian pemain. Ahn Byung-keon ditarik keluar digantikan Ahmad Agung.

Irfan Bachdim dan Miftahul Hamdi juga dimasukkan ke lapangan menggantikan Taufiq dan Yabes Roni.

Akan tetapi, pergantian tak membuahkan hasil. Justru menit ke-63, Novri Setiawan sukses menambah keunggulan Persija.

Umpan Rohit Chand dimanfaatkan Novri dengan melepaskan tendangan yang merobek gawang Wawan. Persija pun unggul 3-0 dan bertahan hingga waterbreak babak kedua.

Walau unggul 3-8, serangan Persija tidak mengendur. Manuver Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan tetap merepotkan barisan pertahanan Bali United.

Menit ke-78, Macan Kemayoran sempat mendapat peluang dua kali beruntun. Berhadapan dengan Wawan, Simic gagal menambah koleksi golnya.

Kemudian, giliran Rezaldi Hehanusa yang mendapat peluang. Dia melakukan tendangan setelah mendapat ruang tembak, tetapi masih bisa dihalau oleh Wawan.

Di penghujung babak kedua, Teco memasukkan Bambang Pamungkas untuk menggantikan Marko Simic.

Namun, hingga peluit berbunyi yang menandakan babak kedua berakhir skor masih tetap 3-0, dan mengkuhkan Persija sebagai Kampiun Piala Presiden 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here