PBB & PKPI Gagal Ikut Pemilu, 14 Parpol Melenggang ke 2019

0
244

ORANYENEWS, JAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno mengumumkan parpol yang lolos sebagai peserta pemilu 2019. Dari hasil verifikasi,  KPU mengumumkan bahwa Partai Bulan Bintang (PBB)  dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai peserta Pemilu 2019.

Kedua partai politik yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra dan Hendropriyono tersebut gagal memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan dalam Peraturan KPU 11/2017.

KPU menyatakan status kepengurusan PBB di tingkat pusat, domisili kantor tetap, dan keterwakilan perempuan 34,37% dinyatakan memenuhi syarat. Kemudian, status kepengurusan tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota juga dinyatakan memenuhi syarat.

Akan tetapi untuk kepengurusan dan keanggotaan sekurang-kurangnya 75% jumlah kabupaten/kota di masing-masing 34 provinsi tidak memenuhi syarat. Demikian ungkapKomisioner KPU Wahyu Setiawan.

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan, kesimpulan status PBB yang dinyatakan tidak memenuhi syarat serta data status kepengurusan PBB yang telah diuraikan sudah tercantum dalam lampiran berita acara rekapitulasi nasional hasil penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan calon peserta Pemilu 2019.

Adapun untuk PKPI, berdasarkan rekapitulasi nasional hasil verifikasi dinyatakan, status kepengurusan PKPI tingkat pusat, domisili kantor tetap dan keterwakilan perempuan 41,37% dinyatakan memenuhi syarat.Kemudian, status kepengurusan tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota dinyatakan memenuhi syarat.

Akan tetapi, untuk kepengurusan dan keanggotaan disekurang-kurangnya 75% jumlah Kabupaten kota di masing-masing 34 provinsi tidak memenuhi syarat, ungkap Komisioner KPU Hasyim Asyari.

Kesimpulan status PKPI yang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan data status kepengurusan PBB juga sudah tercantum dalam lampiran berita acara rekapitulasi nasional hasil penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan calon peserta Pemilu 2019.

Untuk parpol peserta Pemilu 2019 yang dinyatakan lolos, mereka akan mengikuti pengundian nomor urut di kantor KPU, Minggu besok, 18 Februari 2018 pukul 19.00 WIB. Sementara untuk parpol yang tidak lolos dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana diatur dalam PKPU 11/2017.

Berikut daftar parpol yang lolos sebagai peserta pemilu 2019:

Parpol baru:

Partai Perindo.
Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
Partai Berkarya.
Partai Garuda.

Partai lama

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Partai Nasional Demokrat (NasDem)
Partai Amanat Nasional (PAN)
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
Partai Demokrat
Partai Golongan Karya (Golkar)
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here