Bikin Video Rekayasa PKI di Bogor, 6 Pelaku Diringkus

0
223
Kapolres Bogor (foto: Ist)

ORANYENEWS- Mungkin Anda pernah menerima sebuah video berisi ‘penangkapan orang berpaham PKI’, ternyata video tersebut hanyalah rekayasa belaka. Polisi pun menangkap 6 orang yang diduga melakukan rekayasa tersebut.

Video tersebut dibuat pada Sabtu 10 Februari 2018 dini hari di Kampung Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Anak muda yang dituding PKI ternyata adalah seorang tunawisma berinisial S (41).

Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky menjelaskan saat diselidiki, korban ternyata tidak memiliki keterkaitan sama sekali dengan ormas terlarang, PKI.

Korban juga seorang tunawisma yang mengalami gangguan jiwa dan bukan berasal dari Bogor, tetapi dari Pemalang. Korban juga kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis dan pemeriksaan kejiwaan.

Polisi juga telah mengamankan enam orang pelaku yang telah bersikap dan main hakim sendiri.

Empat orang melakukan kekerasan, seorang di antaranya melakukan penghasutan dan menyebut korban sebagai penganut paham ideologi terlarang tersebut. Dua orang lainnya berperan mengambil dan nenyebarkan video persekusi tersebut di akun media sosial.

Setelah diselidiki diketahui bahwa ternyata video yang mereka buat itu hanya settingan atau rekayasa.

Kapolres meminta masyarakat agar tidak terpancing atau terprovokasi, dan main hakim sendiri. Diam mengimbau agar tidak main hakim sendiri dan melaporkan jika ada hal yang mencurigakan.

Diketahui sebelumnya viral di media sosial, sebuah video dan foto terkait ditangkapnya seorang pria yang diduga sebagai pengikut paham ideologi komunis.

Dalam video tersebut, korban diperlakukan secara kasar dengan cara pelecehan, kekerasan, dan pem-bullyan oleh sekelompok warga di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here