Hari Pers Nasional, Media Harus Jadi Garda Terdepan Tangkal Berita Hoax

0
229
Hari Pers Nasional (foto: HPN)

ORANYENEWS- Tantangan yang dihadapi pers Tanah Air semakin kompleks dan beragam. Salah satunya adalah berita yang tidak jelas kebenarannya atau berita hoax. Berita hoax kini menjadi ancaman bagi bagi banyak hal, salah satunya adalah persatuan bangsa.

Peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh setiap 9 Februari hendaknya dijadikan momentum untuk terus meningkatkan kinerja pers nasional. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai sumber informasi terpercaya, pers harus mampu menjadi garda terdepan untuk menangkal berita semacam ini.

Head of External Relations Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Anthea Haryoko mengatakan, peran pers dalam kehidupan masyarakat sangat besar. Sebagai sumber informasi terpercaya, sudah selayaknya pers juga berkontribusi dalam mengurangi penyebaran berita hoaks. Hal ini dapat dilakukan melalui verifikasi dan cover both side dalam proses menulis berita.

CIPS mendukung adanya program sertifikasi wartawan. Program ini, lanjut Anthea, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam menjalankan tugasnya. Peningkatan kapasitas wartawan akan bermaanfaat bagi penulisan berita dan ragam angle yang ada di dalamnya.

“Program sertifikasi wartawan dan juga verifikasi mendalam dapat menjadi cara untuk menangkal berita hoax. Pers juga dapat mengedukasi masyarakat terkait isu-isu yang berkembang dan membuat masyarakat semakin pintar dalam mencerna sebuah berita,” terangnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here