Makna Kartu Kuning Mahasiswa UI untuk Jokowi

1
266
Mahasiswa UI acungkan kartu kuning untuk Presiden Jokowi.

ORANYENEWS- Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 2018 Zaadit Taqwa mengacungkan ‘Kartu Kuning’ kepada Presiden Joko Widodo saat menghadiri Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia. BEM UI menyebut aksi tersebut merupakan bentuk peringatan.

Alfian Tegar Prakasa, Kepala Kajian dan Aksi Strategi BEM UI, mengungkapkan, BEM UI sejak pagi telah menggelar aksi #KartuKuningJokowi di Stasiun UI menyambut kedatangan Presiden Jokowi ke Universitas Indonesia.

Dia mengatakan, banyak mahasiswa melakukan aksi demontrasi dengan berujung ricuh. Namun, mereka

menghindari aksi tersebut dan menggantinya dengan aksi simbolis. Makanya BEM UI menggunakan kartu kuning sebagai simbolis untuk bisa memberi pesan kepada Presiden Jokowi, bahwa di tahun terakhirnya masih banyak evaluasi yang harus dikerjakan.

“Aksi simbolis KartuKuning itu adalah bentuk peringatan kepada Presiden Jokowi,” tegas dia, Jumat 2 Februari 2018.

Alfian menyebutkan ada 3 hal penting yang dikritik BEM UI. Mereka meminta Presiden Jokowi mengevaluasi hal ini. Tuntutan tersebut adalah:

1. Tuntaskan persoalan gizi buruk di Asmat, Papua.
2. Menolak dengan tegas rencana pengangkatan Pj gubernur dari kalangan Polri aktif.
3. Menolak draf Permendikti tentang Organisasi Mahasiswa yang dianggap sangat membatasi pergerakan mahasiswa.

“Kami meminta Presiden Jokowi menuntaskan permasalahan tersebut,” ujarnya.

Menanggapi aksi mahasiswa tersebut, Pihak Istana menjelaskan bahwa Jokowi tak tersinggung atas aksi mahasiswa itu. Staf Khusus Bidang Komunikasi Presdien, Johan Budi SP mengatakan, Presiden Jokowi biasa saja menyikapi hal tersebut.

“Terhadap aksi ini, Presiden Jokowi biasa aja, tidak tersinggung. Soalnya dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI itu selepas acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut,” kata Johan Budi kepada wartawan.

Diketahui, seorang mahasiswa berkemeja batik berdiri sambil mengacungkan map berwarna kuning seusai Jokowi orasi ilmiah di dies natalis UI. Anggota Paspampres yang ada di lokasi langsung menggiring mahasiswa tersebut ke pintu keluar.

Tidak ada perlawanan dari mahasiswa yang digiring keluar itu. Tak ada perlakuan kasar dari Paspampres. Meski, kemudian mahasiswa tersebut diminta ke luar ruangan oleh Paspampres. Sedangkan peserta lain tetap berada di lokasi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here