Rizieq Keturunan Nabi ke-38 Ternyata Hoax, Website Dakwah Media Minta Maaf

10
3411
habibi rizieq
Habib Rizieq Syihab ketika diterima salah satu ulama di Arab Saudi.

ORANYENEWS- Sebuah website Dakwah Media.co meminta maaf secara terbuka karena telah membuat berita hoax berjudul “Kerajaan Arab Saudi Tetapkan Habib Rizieq sebagai Keturunan ke-38 Rasulullah”.

Baca juga: Eggy Sudjana Terkena Serangan Jantung Usai Konpers Habib Rizieq Pulang

Tulisan tersebut diturunkan pada tanggal 21 Januari 2018 dan puluhan ribu orang telah membaca berita tersebut.

Berita yang tidak memiliki sumber tersebut mengabarkan bahwa Raja Salman melalui juru bicaranya telah menetapkan Habib Rizieq sebagai keturunan Nabi Muhammad ke-38, akan tetapi tidak ada satupun narasumber atau sumber di dalm berita tersebut yang membenarkan informasi yang disampaikan.

Fadli Zon dan Habib Rizieq.

Beberapa hari kemudian, tepatnya 26 Januari 2018, mediadakwah.co meminta maaf dan menyatakan bahwa berita yang mereka muat tersebut adalah hoax, setelah terdapat protes dan masukan netizen atas berita hoax yang mereka buat.

Dalam tulisan klarifikasi tersebut, mediadakwah.co mengaku merujuk kepada tiga berita media nasional, yaitu jppn berjudul “Habib Rizieq Keturunan Nabi, Hidup Terjamin di Arab Saudi”.

( Baca Juga : 4 Kebaikan – Kebaikan FPI yang Belum Banyak Terekspos )

Berita ini diturunkan pada 10 Oktober 2017 pukul 20.50 WIB memuat komentar Eggy Sudjana, pengacara Habib Rizieq. Dalam berita tersebut, Eggy mengklaim bahwa selama Rizieq tinggal di Arab Saudi tidak pernah kekurangan, karena dia adalah keturunan Rasulullah.

“Dia sudah dinyatakan oleh pemerintah Saudi sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW. Menurut pemerintah sana (Saudi) kalau garis keturunannya sampai ke Rasul maka akan dijamin semuanya,” kata Eggi pada Selasa 10 Oktober 2017.

Selain jppn, klaim Eggy Sudjana ini juga dikutip secara bulat oleh media rmol.com dan republika.co.id pada hari yang sama, hanya berbeda jam pemuatan berita.

Sayangnya ketiga berita tersebut sama sekali tidak memiliki konfirmasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi atau minimal dari Kedubes Arab Saudi di RI.

Nasi telah menjadi bubur, berita palsu telah dikonsumsi puluhan ribu orang, mudah-mudahan ini menjadi pelajaran yang baik.

10 COMMENTS

  1. Dari mana muasal nya, aneh …mengada2 tidak baik . Adalah mengaku2 adalah kecendrungan tujuan cari keuntungan bagi yg tidak mengerti, kasihan yg mempercayai nya , maka akan timbul kebodohan semata.

  2. kl keturunan Nabi pasti dijamin pemerintah arab saudi, kenapa Habib Zen bin Smith yg puluhan th tinggal di Madinah malah dicekal ga boleh kluar rumah??? tamunya pun harus didata dan dibatasi???

  3. Sampaii pantat pantat Gua gak percaya Rizik keturunan nabi, dari tabiatnya saja bedanya bagai bumi dan comberan

  4. Yang kutau dr tour guide di Yordania bhw keturunan langsung Nabi Muhammad adalah penguasa Yordania skarang. Tadinya mereka berkuasa sampai Arab Saudi, tapi krn kalah perang, maka wilayah kekuasaannya menjadi kecil, hanya Yordania saja yg ibu kotanya Amman. Jdi kalau pihak Arab Saudi ug memberi pernyataan siapa keturunan langsung nabi, agak diragukan juga. Itu sih menurut pendapatku.

  5. Pembuat berita hoax mmg selalu mensajikan hoax buat mrk yg hdp dgn hoax,krn kalo ada hal yg nyata justru mrk anggap hoax, akan tetapi kalo itu hoax, justru mrk percayai. Jd, bisa anda nilai sndiri sbrp tgkat pemahaman dan penalaran waras mrk para pengkonsumsi hoax tadi… Dan mayoritas itu ada di gerombolan itu.. 😁😁😁

  6. Cari sejarah bagaimana nasib keturunan Kanjeng Rasul Muhammad yang sebenarnya , Sepeninggal Kanjeng Rasul Muhammad terjadi gejolak politik & perebutan kekuasaan yg hampir memusnahkan garis keturunan Kanjeng Nabi . Demikian jg sampai terbunuhnya ALI R.A . Islam yg rata2 sekarang itu bisa diragukan keabsahannya dr Kanjeng Rasul Muhammad sendiri . Kok ini ada yg ngaku2 keturunan Kanjeng Rasul Muhammad hidupnya mewah2’an & bebas . Hoaxxxx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here