Menebak Berapa Cicilan Rusun DP 0 Rupiah Anies Baswedan

0
251
Contoh tower rusun DP 0 rupiah (foto: Ist)

ORANYENEWS- Usai membuat program untuk kembali mengoperasikan becak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun rumah susun DP 0 rupiah, sebagai pemenuhan janji politiknya yang lain. Rumah susun tersebut berlokasi di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Rusun dua tower yang akan dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI dengan luas 1,4 hektar itu akan dibangun 703 unit hunian, yang terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harganya, untuk tipe 36 adalah Rp320 juta, dan tipe 21 seharga Rp185 juta.

Contoh interior rumah DP 0 persen seharga Rp185 juta. (foto: Ist

Syaratnya untuk mendapatkan rumah susun DP 0 rupiah, cukup dengan KTP DKI Jakarta dan penghasilan maksimal Rp7 juta. Pembangunan rusun tersebut akan memakan waktu 1,5 tahun.

Yang belum terjawab adalah bagaimana skema cicilan dan jangka waktu pembayaran untuk pembelian rumah susun DP 0 rupiah tersebut?

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti (Usakti) Trubus Rahadiansyah mengingatkan bahwa upah minimum regional (UMR) untuk DKI Jakarta hanya sebesar 3,6 juta per bulan, dan bukan Rp7 juta.

Sehingga, lanjut Trubus, andaikan bunga 7 persen, untuk dapat Rusunami petak seluas 21 meter persegi dengan harga Rp 187 juta, seseorang yang bergaji Rp 7 juta harus mencicil 15 tahun dengan angsuran bulanan sekitar Rp 2,1 juta. Jika seperti itu, maka sisa gajinya adalah Rp1,5 juta untuk menghidupi keluarganya dalam sebulan.

Kemudian, apabila dicicil dengan tenor 10 tahun, maka harus membayar sebulan Rp 2,6 juta, sisa gajinya hanya Rp1 juta.

Apalagi untuk membeli Rusunami seharga Rp 320 juta tipe 36 cicilan untuk tenor 15 tahun menjadi Rp 3,64 juta.

“Dengan demikian apakah dengan UMR Rp 3,6 juta per bulan, seseorang mampu untuk membeli rusun tersebut, meski dp nol persen?” tanya Trubus.

Hingga kini, Pemprov DKI Pemprov DKI belum mengeluarkan skema cicilan. Anies mengatakan, skema tersebut akan disusun Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Skema cicilan akan dibagi menjadi 7 tahun, 10 tahun, hingga 15 tahun.

“Jadi tidak seragam, ” kata Anies

Rencananya, skema itu akan diumumkan pada April seiring dengan pendaftaran pembelian rusun tersebut, yang rencananya akan dibuka pada 21 April 2018.

Yang pasti skema cicilan akan melalui FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang bertujuan meringankan pembayaran dengan bunga 5 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here