Kang Emil Terancam Tak Ikut Pilkada Jabar

0
548

ORANYENEWS- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil terancam tidak bisa ikut Pilkada Jawa Barat, lantaran dukungan partai politik berkurang.

Setelah Partai Golkar cabut dukungan dari Ridwan Kamil, PPP pun tengah mempertimbangkan kembali dukungannya kepada Ridwan Kamil.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. Menurut Arsul banyak elemen internal di dalam partainya yang tengah mempertimbangkan kembali dukungan itu.

“Sekarang malah mempertimbangkan kembali dukungan yang telah diberikan kepada Ridwan Kamil dan mengalihkannya kepada calon lain,” kata Arsul saat diwawancara Tempo, akhir pekan ini.

Tutur Arsul, saat ini ada beberapa partai yang mendekati PPP dengan beberapa calon gubernur yang ditawarkan. Namun, Arsul enggan menyebutkan nama partai itu dengan alasan etika. Kata Arsul partai tersebut sepakat menyerahkan cagubnya ke PPP.

Diketahui, sebelum mengusung Emil, PPP banyak berkomunikasi dengan partai lain. “Tentu publik ingat bahwa sebelum deklarasi dengan Ridwan Kamil, PPP Jabar berkomunikasi dengan beberapa partai lain,” tutur dia.

Sekedar kilas balik, 24 Oktober 2017, PPP resmi mengusung Ridwan Kamil dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy.

Selain PPP beberapa partai, seperti NasDem, PKB, dan Golkar, mengusung Ridwan Kamil maju dalam liga pemilihan Jawa Barat satu. Akan tetapi, dengan berkurangnya dukungan dari Partai Golkar dan PPP, otomatis Ridwan Kamil hanya mengantongi dukungan dari PPP dan Nasdem yang memiliki 7 dan 5 kursi. Total kursi hanya 12, padahal syarat dukungan adalah 20 kursi.

Akan tetapi, disebut-sebut bahwa bahwa PPP sedang meningkatkan bargaining kepada Ridwan Kamil, untuk mengusung kader PPP sebagai cawagubnya menggantikan Daniel Mutaqien.

Apakah, Ridwan Kamil akan mengusung kader PPP sebagai Cawagub untuk mengantisipasi berkurangnya dukungan politik kepadanya? Ikuti perkembangannya di Oranyenews.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here