7 Tanda Anda Berada di Lingkungan Kerja yang ‘Beracun’

0
364
Ilustrasi tempat kerja beracun.

ORANYENEWS- Banyak dari pekerja menghabiskan waktu minimal 40 jam di kantor setiap pekan. Itu adalah bagian besar waktu untuk dihabiskan dengan anggota tim dan rekan kerja. Agar tetap produktif dan terinspirasi di tempat kerja, Anda harus memerhatikan kualitas lingkungan kerja dengan baik.

Bisa jadi di dalam lingkungan kerja Anda selalu menemui hambatan yang akhirnya membuat kinerja sulit menjadi produktif sehingga menjadi racun bagi team atau rekan kerja di kantor. Lalu seperti apa saja tanda-tanda sebuah lingkungan kerja yang beracun:

  1. Melumpuhkan birokrasi

Apakah butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan tanda tangan pada pembelian alat tulis kantor sederhana? ‘Red Tape’ (birokrasi) sangat merugikan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja.

  1. Micromanagement (Dikendalikan orang lain)

Apakah Anda menemukan atasan Anda menarik leher Anda setiap saat? Mungkin dia bersikeras untuk mendapat salinan setiap email tanpa mempedulikan relevansinya. Dikendalikan atasan/orang lain bisa sangat menghancurkan motivasi, dan juga hal itu tidak efektif.

  1. Profit yang utama

Bisnis perlu menghasilkan keuntungan. Tapi ketika bos terus-menerus memanfaatkan biaya pemotongan dan meningkatkan margin keuntungan, memperlakukan kualitas sebagai hal kesekian, mudah bagi karyawan untuk merasa tidak bersemangat dan acuh tak acuh terhadap pekerjaan.

  1. Pilih kasih yang mencolok

Entah itu karena politik, rasisme atau prasangka lainnya, pilih kasih tidak memiliki tempat di lingkungan kerja manapun. Selain menabur perselisihan di antara staf, memperlakukan beberapa karyawan lebih baik daripada yang lain tanpa alasan yang bagus juga merusak integritas dan wewenang manajer.

  1. Pekerjaan terus menerus dan tidak ada permainan

Secara konsisten bekerja berjam-jam dari hari ke hari, bahkan selama akhir pekan, akan perlahan tapi pasti sangat melelahkan. Betapapun Anda mencintai pekerjaan Anda, Anda perlu waktu untuk mengisi ulang baterai Anda.

  1. Hanya kritik, tidak ada pujian.

Apakah bos Anda menerkam setiap kesalahan yang Anda buat tapi mengabaikan saat Anda menyumbangkan solusi atau gagasan berharga? Mencela setiap waktu bisa menjadi pukulan besar bagi ego seseorang.

  1. Pelecehan

Pelecehan seksual, fisik, verbal, mental – bullying di tempat kerja datang dalam berbagai bentuk. Sebagian besar korban pelecehan cenderung menutup mata terhadap situasi ini karena takut diejek atau disalahkan, yang ternyata sangat disayangkan. Jika Anda salah satu dari mereka, beritahu seseorang dan dapatkan bantuan.

Jika Anda menandai empat atau lebih tanda di atas, sudah saatnya Anda mempertimbangkan perubahan lingkungan kerja. Jika dibiarkan, keterpaparan yang berkepanjangan terhadap racun di tempat kerja dapat menyebabkan masalah mental dan kesehatan yang lebih parah.

Selagi masih awal, carilah bantuan sesegera mungkin atau keluarlah dari tempat tersebut, dan carilah pekerjaan yang dapat membuat Anda berkembang dan merasa dihargai.

Jelajahi ulasan perusahaan yang diajukan pengguna dan temukan bagaimana rasanya bekerja untuk atasan pilihan Anda, atau Anda dapat berkontribusi sendiri.

Ini adalah kesempatan untuk menemukan tempat kerja yang tepat untuk Anda, sambil membantu orang lain menemukan tempat mereka pada saat bersamaan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here