Di Mana Setya Novanto? Ini Detik-Detik Jelang Menghilang

Setya Novanto tidur berdiri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya di Istana Negara, pada pelantikan Anies-Sandi.
Setya Novanto tidur berdiri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya di Istana Negara, pada pelantikan Anies-Sandi.

ORANYENEWS- Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto kini dalam pencarian. Tersangka kasus e-KTP untuk kedua kalinya itu menghilang saat hendak dijemput KPK di kediamannya, di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Rabu 15 November malam.

Padahal, saat dipanggil untuk dimintai keterangannya sebagai saksi di kantor KPK, Rabu pagi Setya Novanto memilih untuk menghadiri kegiatan di DPR. Dia menampakkan diri di depan publik, membuka masa sidang paripurna DPR yang kedua.

Usai membuka sidang, Setnov sempat dikerubungi wartawan terkait pemanggilan kedua untuk status tersangkanya yang kedua, dia menyatakan tidak akan hadir karena tengah menunggu judicial revies UU KPK ke Mahkamah Konstitusi.

Usai tampil di hadapan public, baik di depan ratusan anggota DPR dan juga wartawan, kemudian Setnov tidak diketahui keberadaannya.

Malam hari, pengacara dan sejumlah elite Partai Golkar berkunjung ke kediaman pribadi Setya Novanto. Wakil Ketua MPR dari Fraksi Golkar Mahyudin, Bendahara Umum Partai Golkar Robert J Kardinal, politikus senior Golkar Kahar Muzakir, serta pengacara Fredrich Yunadi sudah berada lebih dulu di kediaman Setya Novanto.

Baca Juga: KPK Imbau Setnov Menyerahkan Diri

Kemudian, sekira pukul 21.00 WIB, tim penyidik KPK mendatangi kediaman Setya Novanto. Awalnya pihak keamanan tidak mengijinkan dan menghalangi KPK untuk masuk ke dalam rumah, tapi berbekal surat perintah penangkapan, tim KPK akhirnya masuk ke dalam setelah sempat terhalang 5-10 menit. Di depan pintu, tim KPK tampak berdialog kembali dengan orang di tempat itu. Akhirnya mereka benar-benar masuk ke rumah Novanto pada pukul 21.38 WIB.

Puluhan personel Brimob yang mengawal KPK membentuk barikade, berjaga-jaga di rumah Setya Novanto. Tim KPK terus mengulik rumah Novanto sampai lewat tengah malam. Namun ternyata Novanto tidak dapat ditemukan di rumah.

Wakil Ketua MPR dari Fraksi Golkar Mahyudin yang kemudian keluar dari rumah menyatakan bahwa di dalam rumah tidak ada Setya Novanto. Hanya istri, pembantu, dan keamanan yang berada di dalam rumah.

“Sampai saat ini kami belum menemukan yang bersangkutan, termasuk ketika kita mendatangi kediaman yang bersangkutan hari ini,” ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Rabu tengah malam.

Febri pun meminta Ketua Umum Partai Golkar itu segera menyerahkan diri dan kooperatif dengan penegakan hukum yang dilakukan KPK. “Secara persuasif, kami imbau SN menyerahkan diri,” kata Febri.

Hingga kini, KPK telah menyebarkan tim ke sejumlah tempat yang tidak mau disebutkan Febri Diansyah. Tim intelejen KPK tersebut disebar untuk mencari tahu dimana keberadaan Setya Novanto, tersangka kasus e-KTP yang diduga merugikan negara triliunan rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here