Mengenal Panglima Militer AS Jenderal Joseph Dunford, Sahabat Gatot Nurmantyo

1
1140
Presiden Obama dan Joseph Dunford.

JAKARTA- Nama Jenderal Joseph Francis Dunford Jr, Kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat (setingkat Panglima TNI), belakangan seringkali disebut di pemberitaan di Indonesia. Pasalnya, Jenderal Joseph adalah sahabat yang juga pengundang Jenderal Gatot Nurmantyo. Akan tetapi, Jenderal Gatot Nurmantyo justru tidak boleh masuk Amerika Serikat.

BACA JUGA: KRONOLOGI JENDERAL GATOT NURMANTYO DILARANG MASUK AS

Jenderal Gatot Nurmantyo sedianya mendapatkan undangan dari Jenderal Josep Francis Dunford Jr, untuk menghadiri Chiefs of Defense Conference on Country Violent  Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC.

Gen Joseph Dunford, Panglima Militer Amerika Serikat.

Untuk menghormati undangan, Gatot Nurmantyo beserta istri, dan rombongan pun mengurus visa di Kedubes, tidak ada masalah, hingga saat hendak berangkat pada Sabtu 21 Oktober pukul 17.50 WIB, Gatot Nurmantyo dan rombongan tidak boleh masuk pesawat karena adanya larangan dari US Custom and Border Protection. . Informasi ini disampaikan pihak maskapai emirates, bukan pihak kedutaan.

BACA JUGA: SELAIN GATOT NURMANTYO, ADA 7 JENDERAL DILARANG MASUK AS

Lalu, siapakah Joseph Francis Dunford Jr, sang Kepala Staf Gabungan Militer AS?

Joseph Dunford yang disebut sebagai sahabat sekaligus senior Panglima TNI Gatot Nurmantyo itu adalah pria kelahiran 8 Desember 1955 (62 tahun). Dia adalah Kepala Staf Gabungan Militer AS yang ke-19, dia juga berasal dari korp Marinir AS dan pernah menjabat sebagai komandan korps Marinir yang ke-36.

Joseph merupakan Jenderal Marinir pertama yang bertugas di empat tempat berbeda untuk setingkat jenderal bintang empat. Selain Kepala Staf Gabungan, dia juga pernah menjabat sebagai Komandan International Security Assistance Force, Komandan United States Forces-Afganistan 2013-2014. Kemudian, pernah juga menjabat Asisten Komandan Korps Marinir pada 2010-2012.

Lain itu, dia juga pernah menjadi komandan di sejumlah unit, termasuk komandan Marinir  Resimen Kelima saat invasi Iraq pada tahun 2003.

Sebagai Kepala Staf, posisi Joseph Dunford merupakan yang tertinggi di angkatan bersenjata Amerika Serikat.

KEHIDUPAN PRIBADI

Joseph Dunford lahir di Boston 1955 dan tumbuh di Quincy, Massachusetts. Dia memiliki keturunan Irlandia dan seorang Katolik yang taat.

Dia lulus dari Sekolah Menengah Atas di Boston pada tahun 1973, kemudian dilanjutkan kuliah dan lulus dari Saint Michael pada tahun 1977. Selanjutnya, dia melanjutkan pendidikannya di dunia militer seperti di Unived States Army War College, Range School, United States Army Airborne School, dan Amphibious Warfare School. Dia juga mendapatkan gelar Master of Arts di bidang Pemerintahan dari Universitas Georgetown, dan gelar Master of Arts di bidang International Relations dari the Fletcher School of Law and Diplomacy at Tufts University.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here