Batal Pulang, Diam-Diam Habib Rizieq Sudah Diperiksa Polisi

Rizieq Shihab.

JAKARTA- Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kembali batal pulang ke Tanah Air pada 15 Agustus kemarin, dalam rangka memeringati HUT FPI. Walaupun belum juga kembali ke Indonesia, Habib Rizieq ternyata sudah menjalani pemeriksaan di KJRI Jeddah, Arab Saudi.

Kuasa hukum Habib Rizieq, Kapitra Ampera, mengatakan Habib Rizieq telah menjalani pemeriksaan pada 27 Juli 2017 lalu di KJRI Jeddah, Arab Saudi. Kata Kapitra, Rizieq diperiksa sebagai saksi dan tersangka sekaligus.

Pemeriksaan tersebut, kata Kapitra, merupakan tindaklanjut dari pertemuan tim GNPF ke Istana yang meminta agar kasus Habib Rizieq dihentikan. Dan pemeriksaan Rizieq tersebut sebagai salah satu proses untuk menghentikan perkara tersebut.

Kuasa hukum Rizieq yang lain, Sugito Atmo Prawiro mengatakan dalam pemeriksaan tersebut, Habib Rizieq menjawab beberapa pertanyaan penyidik soal chat mesum dengan Firza Husein yang dituduhkan kepadanya. Habib Rizieq menjawab bahwa dirinya tidak pernah melakukan chat mesum tersebut.

“Habib menjawab chat mesum itu rekayasa dan dia keberatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rizieq juga menjawab pertanyaan apakah dirinya mengirim konten mesum tersebut, Habib menjawabnya tidak benar.

Dalam pemeriksaan tersebut, kata Sugito, setidaknya ada lima orang penyidik yang memeriksa Habib Rizieq. Mereka terdiri dari tiga penyidik dari Mabes polri, dan dua lainnya dari penyidik Polda Metro Jaya.

Kapolda Jenderal polisi Tito Karnavian mengatakan pihaknya sengaja melakukan upaya jemput bola untuk mempercepat proses penyidikan. Pasalnya, sudah dua kali polisi memanggil Habib Rizieq untuk menjalani pemeriksaan, tapi pendiri FPI itu tidak kunjung kembali pulang dari luar negeri. Padahal Habib Rizieq sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Yang bersangkutan sedang ibadah. Daripada nunggu, anggota berangkat lakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” katanya.

Diketahui, Habib Rizieq Shihab diduga melakukan chat mesum dengan muridnya, Firza Husein. Tak hanya berkata-kata, keduanya pun sama-sama mengirimkan gambar yang tidak sepantasnya di dalam chat tersebut.

Dalam kasus ini, Firza Husein sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus chat mesum tersebut. Tak lama kemudian Habib Rizieq juga ditetapkan tersangka, tapi sudah dua kali dipanggil tak juga datang, justru pergi ke luar negeri dan tidak kembali. Bebeberapa kali janji pulang, tapi hingga kini Habib Rizieq juga masih belum pulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here