Heboh! KUA Nikahkan Gaston dengan Gadis SMP Berusia 14 Tahun

0
745
Pernikahan anak SMP berusia 14 tahun.

SUMSEL – Dunia media sosial kembali geger dengan pernikahan dini dua siswa-siswi SMP yang masih berada di bawah umur, 14 tahun. Yang membuat lebih heboh keduanya menikah secara resmi dengan penghulu dari pengadilan agama setempat.

Pasangan yang menikah pada 17 Mei 2017 itu adalah Amanda Safitri dan Suaminya Muhammad Fitrah Rizky (Gaston). Tidak diketahui secara pasti alasan mengapa keduanya menikah dengan usia sangat muda.

Pernikahan anak SMP berusia 14 tahun.

Yang pasti, sang gadis bernama Amanda itu merupakan kelahiran 8 Desember 2002. Jika dihitung hingga tanggal pernikahan usianya, maka masih 14 tahun. Akhirnya, foto pernikahan yang diunggah Amanda di sosial media pun menjadi viral di media sosial.

Berikut isi postingan Amanda:

“Tepat tanggal 17 mei 2017 pukul 19:00 sang saksi dan penghulu mengesah kan kami ber dua, mulai dri saksi berbicara di sana kami brusaha untk hidup mandiri,pikiran dewasa, tahan smpe kakek dan nenek:v acara nya lancar.. Makasi tmen,saudara,and yg lain udah bntu doa_- #GastonJelek”.

Amanda pun mengunggah foto-foto mereka berdua saat prosesi ijab kabul di sosial media. Keduanya, tampak menunjukkan buku nikah resmi dari Kantor Urusan Agama (KUA).

Sontak postingan Amanda mendapat ribuan komentar. Kebanyakan Netizen memberikan kritik atas pernikahan muda tersebut.

Pernikahan anak SMP berusia 14 tahun.

Salah satunya datang dari akun Facebook Sabrinavy:

“Pikiran anda terlalu kelewatan dewasa. Mau dibawa kemana negara kalo masih muda cita”nya NIKAH umur muda-_- ternyata teknologi makin maju bukan buat manusia berinovasi lebih baik, tapi justru sebalik nya-_- #heran.”

Akun facebook Abia Abimanyu:

“Suami kerja apa neng? Anak makan kek apa neng? Kalo anak sekolah uang dari mana neng? Anak ntr kuliah uang dari mana neng,?.”

Walau banyak kritik, ada juga sejumlah netizen muda yang juga ingin segera menikah seperti Amanda dan Gaston.

“Nyusul yok.. Seumuran loh,” tulis salah seorang netizen sambil memberikan tag ke teman-temannya.

Jika benar Amanda masih berusia 14 tahun, maka pernikahan tersebut melanggar batasan usia dalam pernikahan. Undang-undang pernikahan No. 1 Tahun 1974 bab 2 pasal 7 ayat 1 berbunyi:

“Perkawinan hanya diijinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur  16 (enambelas) tahun.

Begitu juga dalam  Peraturan Menteri Agama No.11 tahun 2007 Tentang Pencatatan Nikah Bab IV pasal 8 :
“Apabila seorang calon suami belum mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan seorang calon isteri belum mencapai umur 16 (enambelas) tahun, harus mendapat dispensasi dari pengadilan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here