15 Tips Persiapan Mudik Lebaran Bersama si Kecil

Mudik bareng si kecil

MUDIK Lebaran bersama keluarga memang selalu menjadi momen tak terlupakan. Apalagi jika seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil bisa ikut serta. Tapi, jangan sampai suasana di jalanan yang macet dan melelahkan membuat si kecil bosan dan merepotkan sepanjang perjalanan. Akhirnya, mudik jadi tidak menyenangkan.

Maka, buatlah persiapan terlebih dahulu sebelum mantap memacu kendaraan Pribadi bersama si kecil untuk mudik lebaran. Oranyenews merangkum 15 hal penting yang harus disiapkan untuk mudik bareng si kecil jelang lebaran tiba

Berikut 15 poin pentingnya:

  1. Siapkan Camilan Favorit

Pastikan 2-3 jam sebelum berangkat perut si kecil sudah terisi, agar dia merasa nyaman dan tidak lapar saat memulai perjalanan. Siapkan juga camilan kesukaannya secukupnya. Pilih yang ringan dan tidak memiliki bau menyengat. Jangan lupa, air putih disimpah di dalam botol air minum insulated, agar bisa tahan panas dan dingin.

  1. Jangan lupa Baju Ganti dan Popok

Banyak hal bisa terjadi saat di dalam perjalanan mudik lebaran. Dari banyak keringat, muntah, atau ketumpahan bahan makanan bisa saja terjadi. Sebab itu, siapkan beberapa pasang baju ganti, dan popok sekali pakai. Taruhlah di tas yang mudah dijangkau. Jangan salah, pilihlah pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan bisa menyerap keringat agar si kecil nyaman mengenakannya sepanjangn perjalanan.

  1. Bawalah Buku dan Mainan

Anak bosan selama perjalanan itu pasti. Makanya, bawalah buku cerita, boneka, atau kartu yang bisa menghilangkan kebosanan anak selama perjalanan. Jadi bawalah mainan yang disukai anak saat mudik bareng Si Kecil. Agar bisa dimainkan untuk menghilangkan bosan saat di perjalanan.

  1. Lagu atau Film Favorit Wajib Dibawa

Film kartun favorit, lagu-lagu kesukaan anak, atau game lainnya baik dalam gadget atau dalam bentuk CD wajib dibawa. Variasi selain mainan kesukaan, agar bisa bergantian digunakan untuk hilangkan kebosanan. Jangan lupa juga untuk membawa charger atau power bank agar gadget dapat selalu berfungsi ketika dibutuhkan selama perjalanan.

  1. Bawalah Bantal Selimut

Berkendara di dalam mobil ber-AC atau malam hari dapat membuat suhu di dalam kendaraan terlalu dingin buat anak. Makanya, siapkanlah selimut yang lembut dan nyaman. Agar praktis, bawa balmut alias bantal selimut sehingga saat tak digunakan bisa menjadi sandaran empuk untuk anak di perjalanan.

  1. Jika Perlu Bawalah Baby Carseat

 Jika anda memiliki bayi berumur 1-3 tahun, bawalah Baby carseat untuk membuat tubuh anak nyaman di perjalanan dan orangtua pun tak perlu repot memangku. Bawalah yang sesuai dengan ukuran tubuh anak.

  1. Baby Carrier

Untuk membuat anak aman, gunakanlah baby carrier . Pilih yang praktis tetapi nyaman untuk dipakai, misalnya bisa digunakan di depan dan belakang. Atau, boleh juga berupa kain panjang jika Anda merasa nyaman untuk menggunakanya.

  1. Stroller

Selama mudik, tentu saja anda melakukan travelling ke lokasi wisata atau tempat belanja. Jika anak mengantuk saat berjalan-jalan, benda ini bisa menjadi solusi. Bawalah stroller yang memang cocok untuk traveling,  ukurannya tidak terlalu besar, cukup ringan ditenteng, dan praktis dilipat dalam tas. Tips tambahan, jangan meletakkan barang belanjaan pada pegangan stroller jenis traveling ini, karena bobotnya yang ringan membuat stroller jenis ini mudah terbalik.

  1. Bawa MPASI dan Perlengkapannya

Jika si Kecil masih mengomsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI). Jangan lupa membawa beberapa peralatan wajibnya, seperti botol susu, botol minum, botol warmer, termos, wadah anti tumpah, peralatan makan, panci kecil, kompor listrik, hingga bahan makanannya.

  1. Tas Perlengkapan Anak

Agar tidak berantakan, siapkanlah satu tas khusus berisi perlengkapan anak, seperti tisu basah, tisu kering, topi, makanan, popok, kaus kaki, handuk kecil, kantong plastik serbaguna dan sebagainya. Lalu letakkan tas tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

  1. Jangan Lupa Toiletries

Setiap dalam perjalanan tentu saja ini wajib dibawa, segala kebutuhan kamar mandi. Sisir, sabun, sampo, sikat, pasta gigi, lotion, hingga baby cream.

  1. Payung & Jas Hujan

Kita tidak dapat menerka cuaca. Kapan cerah dan kapan hujan, jadi ada baiknya selalu simpan jas hujan dan payung di dalam mobil, sehingga dapat digunakan jika mendadak cuaca hujan.

  1. Obat-Obatan

Berbagai macam kendala di perjalanan dapat membuat anak bisa sakit. Makanya, bawalah obat-obatan yang dirasa penting, seperti penurun panas, obat luka, minyak gosok/balsam, losion nyamuk, plester, vitamin, hingga termometer. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sudah dapat diantisipasi sejak dini.

  1. Cooler- box

Benda ini dapat berguna menyimpan minum-minuman ringan, bahan makanan, hingga susu. Pilihlah coolerbox yang memang bisa digunakan dalam mobil, yang tidak terlalu besar. Atur penyimpanan bahan makanan/minuman agar kesegarannya tetap terjaga. Agar di dalam perjalanan, makanan tetap aman dan terjaga.

  1. Terakhir, Jangan Lupa Perlengkapan Piknik

Jika di dalam perjalanan tiba-tiba Anda menemukan tempat wisata yang menarik dan asik untuk piknik keluarga, tak ada salahnya mampir. Sambil melepas lelah dan penat, menghilangkan bosan di dalam perjalanan juga penting. Jadi perlengkapan piknik sangat dibutuhkan jika dalam kondisi seperti ini.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here