Wawancara Khusus: Jurus Kemenag Tertibkan Travel Umrah

0
98

ORANYENEWS- Kementerian Agama melakukan pembenahan terus menerus terkait maraknya penipuan perjalanan umrah. Setelah mengeluarkan PMA No 08 tahun 2018, yang terbaru Kemenag mengeluarkan KMA 221 tahun 2018.

Dalam catatan Oranyenews, sudah puluhan lembaga umrah melakukan penipuan yang memakan korban ribuan orang dan kerugian mencapai triliunan rupiah.

Baca juga: Kemenag Tetapkan Tarif Referensi Rp20 Juta untuk Biaya Umrah

Lalu seperti apa dan bagaimana isi dan aturan dari KMA 221 tahun 2018 tersebut, berikut wawancara khusus Oranyenews.com dengan H. M. ARFI HATIM, M.Ag, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Kamis 19 April 2018:

Bagaimana sebenarnya isi dan tujuan dari Ketetapan Menteri Agama (KMA) 221 tahun 2018?

KMA itu khusus untuk harga referensi umrah. Itu adalah turunan dari Peraturan Menteri Agama (PMA)  No 8 tahun 2018. Karena di dalam PMA tidak menyebutkan angka, makanya di KMA lebih detil mencantumkan harga referensi Rp20 juta.

Lalu dari mana perhitungan sehingga bisa keluar angka Rp20 juta sebagai angka referensi biaya umrah?

Angka tersebut sudah fix dari perhitungan  standar pelayanan minimal, harga terendah dalam standar pelayanan minimal.

Jadi, apakah boleh menjual umrah di bawah atau di atas angka tersebut?

Saya klarifikasi di sini bahwa KMA 221 yang menetapkan angka Rp20 juta adalah angka referensi, bukan harga mininum. Makanya, saya tidak pernah mengatakan angka minimum tapi angka refensi, agar tidak salah paham.

Jadi bolehkah travel menawarkan umrah di bawah angka Rp20 juta?

Di situlah fleksibilitasnya, tapi dia (travel umrah) harus melaporkan kepada kami. Kami akan melakukan investigasi dan penyelidikan terhadap pelayanan yang akan diberikan. Apakah penuhi standar atau tidak, jika tidak maka tidak boleh (dijalankan).

Angka Rp20 juta itu adalah angka pelayanan starting (berangkat dari) Jakarta, beda lagi kalau (berangkat dari) daerah ada add on silakan disesuaikan.

Jadi perhitungan Jakarta dan daerah berbeda Pak, bisa lebih murah?

Di beberapa daerah seperti Makassar dan Surabaya bahkan bisa lebih mahal. Makanya kami persilakan untuk disesuaikan. 

***
Diketahui perhitungan referensi biaya umrah Rp20 juta dihitung berdasarkan pelayanan minimal jamaah mulai dari Bandara Soekarno-Hatta ke Arab Saudi, akomodasi dan transportasi selama di Arab Saudi, hingga kembali ke Bandara Soekarno-Hatta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here