Rajin Ibadah Tapi Maksiat Jalan Terus?

sholat jalan maksiat jalan
Sholat jalan maksiat jalan bagaimana hukumnya?

Oranyenews – Ibadah adalah bentuk ketaatan kepada Allah sedang maksiat adalah bentuk pembangkangan terhadap Allah. Dua hal ini adalah dua hal yang saling berseberangan dan bertolak belakang. Namun dalam kehidupan nyata sering kita jumpai ada orang yang terlihat shalat nya rajin tapi masih juga rajin bermaksiat.

Dalam artikel ini admin akan menjelaskan tentang fenomena di atas di mana ada sebagian orang yang rajin ibadah namun di sisi lain juga masih banyak melakukan maksiat. Dalam sebuah ceramahnya, Ustadz Khalid Basalamah mengatakan bahwa jika ada orang yang rajin ibadah namun juga masih banyak maksiat maka itu adalah tanda bahwa ibadahnya tidak Khsuyu.

Beliau juga menjelaskan bahwa antara maksiat dan ibadah tidak mungkin bisa berjalan bersamaan. Jika ada orang yang terlihat rajin ibadah namun masih juga banyak maksiat maka sudah dipastikan bahwa ibadah orang tersebut adalah ibadah yang asal-asalan atau ibadah yang tidak khusyuk.

Mustahil orang yang khusyu dalam ibadahnya masih melakukan banyak maksiat dalam keseharian-nya. Ustadz Khalid memberikan contoh seperti seorang yang rajin Shalat tapi masih suka minum minuman keras. Misalkan saja dia mau mabuk pukul 2 dini hari sedangkan sebentar lagi masuk waktu subuh, lalu orang itu kepikiran dengan shalat subuh, apakah orang itu akan menikmati mabuknya? Tentu tidak.

Orang yang telah menikmati nikmatnya ibadah pasti tidak akan merasakan nikmat maksiat begitu juga sebaliknya, orang yang menikmati nikmatnya maksiat tidak akan pernah merasakan nikmatnya taat atau ibadah.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ternyata ketika kita sudah merasa ibadahnya bagus namun masih tetap maksiat seperti mabuk, zina dan lain sebagainya, maka sudah dipastikan ada yang salah dalam ibadah kita. Entah itu salah dalam niatnya atau ibadah hanya dianggap sebagai menggugurkan kewajiban sehingga tidak merasakan nikmat dalam ibadahnya.

Semoga sedikit artikel di atas dapat memberikan manfaat bagi segenap sahabat pembaca.  Salam membaca!

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here