Hukum Islam, Penjelasan Ibadah Ta’abbudi Dan Ta’aqquli

Hukum Islam, Penjelasan Ibadah Ta'abbudi Dan Ta'aqquli
Foto : Bimbingan Islam

Oranyenews.com, Jakarta – Terdapat dua istilah Ibadah dalam Islam, yaitu Ta’abbudi dan Ta’aqquli. Penjelasan mengenai kedua ibadah tersebut terkadang membuat umat muslim sedikit bingung.

Seperti dikutip dari Nu Online, dua macam ibadah Ta’abbudi dan Ta’aqquli dilihat dari segi jenisnya. Sehingga terbagi dalam dua jenis tersebut.

Yang pertama ialah Ta’abbudi, yakni suatu ibadah yang tidak ada alasan kenapa harus dilakukan, seperti halnya shalat maghrib yang dikerjakan sebanyak tiga rakaat.

Jumlah rekaat tidak bisa dipertanyakan, lantaran hal tersebut memang sudah ketetapan dari Allah SWT, sehingga shalat maghrib dikerjakan sebanyak tiga rakaat.

Sedangkan yang kedua ialah Ta’aqquli yang merupakan ibadah yang ada sebab dan alasan. Seperti halnya membersihkan anggota badan dari najis, karena terdapat najis pada anggota tubuh, maka seseorang harus membersihkannya terlebih dahulu.

Tepatnya ketika anda hendak melaksanakan shalat. Hal tersebut juga dijelaskan dalam kitab Taisir Ilmi Ushulil Fiqh karya Imam Al-Anazi.

التعبد هو ما لا يُعقلُ معناهُ ولا تُدركُ علَّتهُ، وأما التعقل ما ليس منه

Artinya : Ta’abbudi adalah jenis ibadah yang tidak ada sebab dan alasannya, sedangkan Ta’aqquli adalah ibadah yang ada sebab dan alasannya.

Dari kedua jenis ibadah tersebut, senantiasa harus dikerjakan sesuai dengan yang sudah ditentukan dan ditetapkan olah syara’.

Seperti halnya menjalankan shalat shubuh dua rakaat, maka seseorang tidak bisa menjalankannya menjadi tiga rakaat atau lebih.

Hal tersebut dikarenakan memang sudah ketentuan dua rakaat serta ketetapan dari Allah dan tidak perlu ada pertanyaan kenapa harus dikerjakan dua rakaat.

Terkadang, ada sebagian orang yang mencari sebab dan alsan kenapa ibadah tersebut dikerjakan demikian. Kemudian ia berdalih selama tidak menemukan sebab dan alasan, ia tidak mengerjakan ibadah tersebut, maka sebenarnya hal ini tidak diperbolehkan.

Pasalnya, jenis ibadah yang Ta’abbudi, memang tidak memberi ruang gerak bagi akal unutk mencari-cari kenapa dan mengapa, namun dikerjakan saja sebagaimana yang diperintahkan.

Mungkin hanya itu saja penjelasan mengenai ibadah Ta’abbudi dan Ta’aqquli. Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas, tentu kita tidak perlu lagi mencari berbagai alasan untuk menyangkalnya.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here