Hukum Islam Memiliki Sifat Harakah, Ini Artinya

Hukum Islam Memiliki Sifat Harakah, Ini Artinya
Foto : AspirasiOnline

Oranyenews.com, Jakarta – Dibahas secara singkat, hukum Islam memiliki sifat Harakah mempunyai arti dinamis.

Lebih lanjut, dinamis disini ialah termasuk dalam hal yang mempunyai arti bahwa hukum Islam mempunyai daya hidup sehingga bisa berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Dilansir dari Brainly.co.id, hukum Islam terbagi dalam beberapa hal. Seperti halnya wajib, haram, makruh, mubah, dan sunnah.

  • Wajib : Jika dilakukan memperoleh pahala, ditinggalkan akan dapat dosa.
  • Haram : Dilakukan dosa, ditinggalkan mendapat pahala.
  • Makruh : Lebih baik ditinggalkan karena jika dilakukan dibenci oleh Allah.
  • Mubah : dilakukan atau tidak, sama-sama boleh.
  • Sunnah : Tidak dilakukan tidak apa-apa, jika dilakukan mendapat pahala.

Sedangkan untuk pengertian dan tujuan hukum Islam, mempunyai sifat yang sederhana. Namun berimbas cukup signifikan bagi kehidupan.

  • Pengertian Hukum Islam : Merupakan suatu ketetapan yang sudah ditentukan oleh Allah SWT, berupa sebuah aturan dan larangan bagi umat muslim.
  • Tujuan Hukum Islam : Membuat peraturan yang bisa dijalankan untuk mencapai suatu kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat nanti. Yakni dengan mengambil segala manfaat serta mencegah mudarat (keburukan) yang tidak berguna untuk kehidupan.

Sebagai ringkasan, yang dimaksud dengan hukum Islam ialah merupakan sekumpulan peraturan yang datangnya dari Allah SWT.

Yakni dengan mengatur segala yang bisa dikerjakan, dan juga dilarang untuk dilakukan oleh umat muslim yang taat.

Secara dasar, Hukum Islam mempunyai 3 sifat dasar. Yang beberapa diantaranya mencakup Takamul, Wasatiyyah, dan juga Harakah.

Dari ketiganya tersebut, mempunyai peranan masing-masing. Sehingga manusia, khususnya umat muslim bisa menjalankan kehidupan selayaknya yang dianjurkan oleh Allah SWT.

  1. TAKAMUL : Mempunyai arti bahwa hukum Islam mampu melayani semua golongan di dunia, baik itu dari golongan yang menolak pembaharuan, ataupun dari golongan yang menginginkan adanya pembaruan.
  2. WASATIYYAH : Mempunyai arti bahwa hukum Islam mempunyai kesimbangan diantara beberapa segi. Baik dari sisi kejiwaan dan juga sisi kebendaan.
  3. HARAKAH : Mempunyai arti bahwa hukum Islam bersifat dinamis, pasalnya bisa berkembang seiring dengan perubahan ataupun tuntutan zaman.

Bagaimana? Apa penjelasan yang kami buat masih kurang? Kami harap sedikit rincian dari kami, bisa memberikan pencerahan bagi yang membutuhkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here