5 Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia Memiliki Pengaruh Di Dunia

kerajaan islam
Kerajaan Islam di Nusantara yang Mempengaruhi Dunia

Berbicara mengenai sejarah masuknya Islam di tanah air, bisa ditandai dengan munculnya kerajaan islam pertama di Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut tentunya memiliki pengaruh yang besar terhadap penyebaran agama yang sekarang menjadi agama mayoritas di negara ini.

Awal masuk agama Islam pun sebenarnya sudah dimulai sejak awal Masehi melalui pedagang Arab, Gujarat dan Persia. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Awal Munculnya Kerajaan Pertama Islam di Indonesia

kerajaan islam pertama di Indonesia
kerajaan islam di Indonesia yang mendominasi di dunia

Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan yang berdiri di Lhokseumawe, Aceh ini merupakan salah satu kerajaan Islam yang telah berdiri sejak abda ke 13 Masehi. Munculnya kerajaan ini adalah penggabungan dua kerajaan yang telah hancur yakni kerajaan Pase dan Kerajaan Perlak. Pada masa kepemimpinan Sultan Muhammad Malik al Tahir, kerajaan ini menjadi pusat perdangangan serta penyebaran agama Islam selama tahun 1297-1326.

Setelah Sultan Muhammad Malik al Tahir meninggal pada tahun 1936, kerajaan ini pun mengalami perkembangan yang sangat pesat saat dipimpin anaknya yakni, sultan Ahmad. Hal tersebut terlihat dari keberhasilan kerajaan islam di Indonesia ini dalam menjalin kerja sama dengan beberapa kerajaan Islam dunia seperti kerajaan Arab dan India. Masa kejayaan Samudra Pasai pun berakhir pada tahun 1521 karena hancur akibat dikalahkan oleh Portugis.

Kerajaan Perlak

kerajaan perlak
Peta Kekuasaan Kerajaan Perlak

Kerajaan Perlak merupakan kerajaan yang pertama kali berdiri di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tulisan dari seseorang yang bernama Ishak Makarani Al Fays bahwa kerajaan ini telah berdiri pada 1 Muharram 223 H atau 840 Masehi. Peninggalan lainnya menyebutkan bahwa makam Raja Benoa yakni yang merupakan bagian dari kerajaan ini ditulis dalam huruf Arab dan diperkirakan dibuat sekitar abad ke 4-5 Masehi di tepi sungai Trenggulona.

Kerajaan Demak

kerajaan demark
Peta Kekuasaan Kerajaan Islam Denmark dan Masjid Agung Demark

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam di Indonesia yang berdiri pertama kali di Pulau Jawa. Kerajaan yang dipimpin oleh Raden Patah sebagai raja pertamanya ini merupakan kerajaan yang memiliki daerah kekuasaan yang besar hingga Maluku, Palembang dan Banjar. Salah satu penasihat dari kerajaan ini adalah Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu dari Wali Songo yang berada di Pulau Jawa.

Setelah meninggalnya Raden Patah, pemimpin dari kerajaan Demak digantikan oleh anaknya, yakni Pati Unus. Namun kepemimpinannya berakhir sekitar tahun 1521 dan digantikan oleh adiknya yakni sultan Trenggono. Kerajaan ini pun mengakhiri masa kejayaannya akibat perebutan kekuasaan dari pewarisnya. Kerajaan Demak sendiri, menyisakan beberapa peninggalan yaitu Masjid Agung Demak yang masih berdiri hingga sekarang.

Kerajaan Islam Cirebon

kerajaan cirebon
Keraton Kesepuhan Kerajaan Islam Cirebon

Kerajaan Islam Cirebon dikenal sebagai kerajaan Islam pertama yang berdiri di Jawa Barat. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Fatahillah yang dikenal sebagai sunan Gunung Jati pada tahun 1522. Pada masa kepemimpinannya, raden Fatahillah sangat berjasa dalam penyebaran agama islam di Jawa Barat dikarenakan beliau mempunyai kedudukan sebagai Wali songo sehingga banyak dihormati oleh raja-raja yang berada di Pulau Jawa.

Kerajaan Mataram Islam

kerajaan mataram
Peta kekuasaan kerajaan mataram

Kerajaan ini berdiri pada tahun 1586 di daerah tenggara Yogyakarta. Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan yang didirikan oleh Sutowijoyo yang merupakan saudara dari Pangeran Benowo. Setelah meninggalnya Sutowijoyo, dari salah satu kerajaan Islam  di Indonesia ini mengalami pergantian pemimpin yang sangat cepat yakni mengalami 3 kali pergantian dalam kurun waktu 40 tahun.

Itulah beberapa kerajaan Islam yang berdiri pertama kali di Indonesia. Munculnya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penyebaran agama Islam. Meskipun kerajaan tersebut saat ini telah tiada, namun sisa-sisa dari penyebarannya yakni agama Islam masih tersebar dan menjadi agama paling mayoritas di dunia.

 

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here