Pemimpin ini mengetahui Muslimah Dilecehkan, Langsung Turunkan Pasukan Perang

0
181
Peminpin ini mengetahui Muslimah Dilecehkan, langsung gerakan pasukan perang

Oranyenews – Sebuah kisah yang sangat mengharukan terjadi pada zaman ke khalifahan ABU ISHAQ ‘ABBAS AL-MU’TASIM IBN HARUN AR-RASYID (795-842 M) akrab disapa al-mu’tasim billah pada masa dinasti Abbasiyah. Kisah ini admin ambil dari salah satu ceramah Ustadz Khalid Basalamah di akun youtube Insan Wabula (20 Juni 2017).

Kala itu ada seorang muslimah yang diganggu oleh belasan orang Romawi di daerah Ammuriyyah. Muslimah tersebut ditarik jilbab nya hingga dan didorong hingga tersungkur. Saat kejadian tersebut berlangsung, ia mengatakan “WAA MU’TASIMAAH !” yang artinya “DIMANA KAU MU’TASIM, TOLONGLAH AKU”.

Ketika peristiwa itu terjadi, seorang penunggang keledai mendengarnya dan menyampaikan kepada Khalifah Mu’tasim yang berada di Bagdad.

wanita muslim
Wanita Muslim dilecehkan (ilustrasi)

Mendengar berita itu, tanpa pikir panjang Mu’tasim lantas mengumpulkan seluruh pasukan perangnya. Saat itu jarak antara Abasiyah dan Ammuriyyah adalah kurang lebih 2 bulan naik keledai.

Selama lebih dari 2 bulan Mu’tasim dan pasukannya melakukan perjalanan menuju Ammuriyyah untuk membantu muslimah tersebut.

(Baca juga: Sejarah Pertama Kali Nabi Muhammad Melakukan Salat Jumat )

Bayangkan saja, hanya karena satu muslimah diganggu oleh kaum kafir, Mu’tasim mengerahkan seluruh pasukannya untuk membebaskannya serta menaklukkan kita Ammuriyah yang berada di bawah kekuasaan bangsa Romawi.

khalifah
Pasukan Khalifah (ilustrasi)

Bertempur lah pasukan Islam dan pasukan Romawi 13 Agustus 833 M. 30.000 pasukan Romawi tewas, 30.000 pasukan romawi yang lain dijadikan budak. Tinta emas Islam mencatat, itulah kisah heroik yang sangat fenomenal, demi kemuliaan seorang wanita dan kemuliaan Islam.

Setelah selesai perang, khalifah Al-Mu’tasim mengunjungi rumah wanita tersebut, Beliau memerdekakan wanita tersebut dan berkata “Wahai saudariku, Apakah aku telah memenuhi panggilanmu atasku?”. Belasan orang yang mengganggu muslimah itu pun dipenggal.

Kisah di atas menunjukkan betapa islam mengajarkan untuk memuliakan wanita. Sungguh berbeda dengan keadaan saat ini yang banyak muslim dilecehkan namun umat muslim tidak bisa berbuat banyak. Semoga kelak islam akan kembali berjaya dan dapat melindungi serta mensejahterakan seluruh kaum muslimin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here