Mien Sugandhi, Menteri Peranan Wanita Era Soeharto Tutup Usia

Mien Sugandhi, Menteri Peranan Wanita Era Soeharto Tutup Usia
Foto : Merdeka

Oranyenews.com, Jakarta – Indonesia kembali berduka lantaran Menteri Urusan Peranan Wanita era Soeharto, Mien Sugandhi tutup usia pada 5 Januari 2020, pukul 21.45 WIB. Diketahui, ia menghembuskan nafas terakhir hingga pada usia 85 tahun.

Perwakilan dari pihak keluarga, berbagi mengenai kebenaran berpulangnya sosok Siti Aminah binti Soeprapto Djojokusumo (Mein Sugandhi) ke Rahmatullah.

“Telah kembali ke Rahmatullah dengan tenang, ibunda/eyang/eyang buyut kami, Ibu Siti Aminah binti Soeprapto Djojokusumo dalam usia 85 tahun, pada hari Minggu Kliwon , tanggal 5 Januari 2020 pukul 21.45 WIB,” tulis perwakilan keluarga Mien Sugandhi dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (6/1/2020).

Diketahui, jenazah dari Mien Sugandhi akan disemayamkan di rumah duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta Pusat.

Baru selanjutnya almarhumah akan dibawah ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada pukul 10.00 WIB.

Pasca proses itu, jenazah Mien Sugandhi akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Menurut yang diperkirakan, proses pemakaman akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB siang ini. Tentu jika tidak ada kendala yang berarti.

Sekedar untuk diketahui, Mien Sugandhi atau yang juga dikenal dengan nama lengkap Siti Aminah Sugandhi, lahir pada 28 Juli 1934 silam.

Almarhumah merupakan salah satu sosok politikus wanita Indonesia yang sempat menjabat sebagai Menteri Urusan Peranan Wanita di periode 1993 hingga 1998. Tepatnya dibawah kepemimpinan presiden Soeharto.

Terlepas dari itu, almarhumah juga sempat menjadi anggota DPR dan MPR pada tahun 1977 hingga 1993.

Yakni sebagai bagian dari Kabinet Pembangunan VI dan juga pernah menjadi komisaris independen Mitra Adiperkasa Tbk di tahun 2004.

Terkait dengan riwayat pendidikan, ia memperoleh gelar Doktor dari Northem California Global University, Amerika serikat, pada tahun 2001.

Serta menerima anugerah Bintang Mahaputera Adipradana dari Pemerintah pada 17 Agustus 1996, tepatnya ketika beliau masih menjabat sebagai seorang menteri.

Dengan adanya kabar duka tersebut, tidak sedikit para tokoh yang ikut berbela sungkawa terkait dengan meninggalnya sosok politikus senior Mien Sugandhi.

Bahkan adapula netizen yang mengucap duka dan memberikan doa supaya beliau diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here