Pemakaman Yana Zein di Antara Dua Agama

0
529
Nurzaman Zein saat di hadapan peti mati Yana Zein, putrinya. (foto: Detik.com)

JAKARTA- Meninggalnya artis Yana Zein ternyata masih menyisakan kontroversi. Jelang pemakaman terjadi beda pendapat di antara kedua orangtuanya, Nurzaman Zein dengan mantan istrinya, Zwetlana.

Keduanya berbeda pendapat tentang tata cara pemakaman Yana Zein apakah mengikuti cara Islam atau cara Kristen. Swetlana awalnya bersikukuh Yana Zein harus dimakamkan secara Kristen, sebagai agama terakhir yang dipeluknya.

Tapi Nurzaman Zein juga bersikeras agar Yana Zein dimakamkan secara Islam. “Saya yang urus dia, kamu tidak pernah mengurus,” teriak Swetlana di rumah dukua RSPP Fatmawati, Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Swetlana pun langsung menangis terisak melihat sikap keras Nurzaman Zein.

“Saya ayahnya, ini tanggung jawab saya juga,” tegas Nurzaman Zein.

Suasana rumah duka tempat jenazah Yana Zein disemayamkan pun mendadak tegang, saat Nurzaman menolak prosesi pemakaman putrinya menggunakan agama Kristen.

“Agama semua sama. Saya kira Yana berhak memilih,” ucap Swetlana.

Tapi, pada akhirnya, Yana Zein diputuskan untuk dimakamkan secara agama Islam.

Jenazah Yana Zein pun langsung dimandikan, kemudian dikafankan, dan akan disolatkan sesuai dengan agama Islam. Rencananya, Yana Zein akan dimakamkan di TPU Gandul, Cinere, Depok. Sebelumnya, jika dimakamkan secara Kristen maka Yana akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang.

“Dia akan disalatkan di masjid dekat sana (TPU Gandul). Namanya Masjid Baiturrahman,” jelas Lingga.

Yana Zein meninggal dunia pada 1 Juni kemarin di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Padahal dia sempat membaik setelah berobat ke Guangzhou, China. Pulang dari China, Yana malah drop dan koma hingga akhirnya meninggalkan dua orang anak di usia 44 tahun.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here