Tips Agar Balita Tidak Rewel Saat Salat Tarawih di Masjid

0
480
Anak tengah mengikuti orangtuanya untuk salat.

 

JAKARTA- Salat tarawih adalah momen yang hanya dilakukan setahun sekali sebulan penuh di bulan Ramadan. Walau bukan salat wajib, tapi hukum salat Tarawih adalah sunnah dan menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia, untuk berjamaah di masjid.

Nah, biasanya orangtua ingin mengajarkan salat kepada anak-anak, dengan cara mengajak mereka salah tarawih di Masjid. Tapi, terkadang orangtua malas mengajak anak, karena khawatir bersikap rewel saat salat. Lalu, bagaimana caranya mengajak anak salat, tapi tidak rewel. Begini caranya:

Usia Balita di bawah 1 tahun

Untuk Moms yang memiliki balita masih di bawah setahun, sebaliknya melaksanakan salat di rumah, karena pada usia tersebut bayi masih membutuhkan asi tanpa kenal waktu. Lain itu, bayi dalam usia tersebut juga masih mudah menangis dan berpotensi mengganggu kekhusyukan jamaah lain.

Balita usia di bawah 3 tahun

Moms, Anda lebih tahu bagaimana tipikal bayi anda. Apakah termasuk rewel atau tidak. Jika memang tidak bisa berkompromi dengan rewel dan sulit beradaptasi dengan lingkungan, ada baiknya untuk tidak membawanya tarawih ke masjid terlebih dahulu. Tapi, jika masih bisa berkompromi bisa pelan-pelan anda ajak untuk salat.

Nah, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum ke Masjid:

  • Pastikan Balita sudah cukup tidur, agar tidak mengantuk dan rewel
  • Pastikan Balita cukup kenyang, agar dia ia tidak akan rewel karena lapar
  • Bawalah susu, karena bisa saja mereka akan minta susu
  • Siapkan diapers. Biasanya, balita usia 3 tahun ke bawah masih ngompol
  • Bawalah mainan kesayangan dia (tapi bukan yangmengeluarkan bunyi, misal: boneka, mobil-mobilan, dan semacamnya).
  • Biasakan juga mereka ikut mengenakan mukena buat perempuan atau sarung dan peci buat yang laki-laki.

Balita di atas 3 tahun

Untuk Balitas di atas 3 tahun cenderung lebih mudah untuk diberitahu. Tapi, tetap saja ada dua poin harus diperhatikan agar terhindari dari rewel mereka.

  • Pastikan Balita sudah cukup tidur .
  • Pastikan Balita sudah cukup kenyang.

Hanya sebagian dari balita yang sudah tidak bergantung dengan botol susunya, jadi tidak perlu membawa susu. Pada usia ini, biasanya mereka lebih mudah meniru gerakan salat, sehingga mereka dapat belajar salat.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk Moms.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here