Tips ini Bagaimana Cara Mudah Agar Bisa Membeli Rumah Di Usia Muda

perencanaan keuangan
untuk membeli rumah di usia muda haruslah melalui perencanaan keuangan yang baik

Memiliki rumah di usia muda merupakan impian semua orang. Keinginan ini pastinya juga dimiliki oleh generasi muda atau yang sekarang marak dengan istilah kaum atau generasi milenial.

Generasi milenial adalah orang-orang yang saat ini berumur di rentang usia 20 sampai 30 tahun. Generasi milenial memiliki gaya hidup mewah dan memiliki hobi traveling. Meskipun demikian generasi ini memiliki peluang memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.

Memiliki rumah di usia muda merupakan cita-cita yang realistis untuk diwujudkan, namun harus diimbangi dengan management keuangan yang baik.

Seperti kita ketahui rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi, namun untuk memiliki rumah yang layak huni bahkan rumah mewah kita harus menggelontorkan uang dengan nominal yang tidak sedikit.

Mahalnya harga rumah seringkali membuat generasi ini merasa mustahil dapat memiliki rumah diusia muda, namun saya tidak setuju karena sebenarnya banyak cara yang bisa mereka lakukan agar dapat memiliki rumah.

Keinginan ini bisa saja terwujud jika mereka dapat dengan bijak mengelola keuangan, mereka harus memiliki perencanaan yang matang, sesuai dengan pendapatan dan pengeluaran mereka. Setiap orang tentunya memiliki cara yang berbeda, beda untuk mewujudkan keinginan agar dapat memiliki rumah diusia muda.

Cara Mudah Agar Bisa Membeli Rumah Di Usia Muda

Berikut ini saya akan memberikan cara atau tips agar dapat memiliki rumah di usia muda :

Management atau kelola keuangan dengan bijak

Salah satu cara yang utama harus dilakukan adalah mengatur dan mengelola keuangan anda dengan bijak, tentunya dalam hal ini anda harus menyeimbangkan antara jumlah pengeluaran anda jangan sampai melebihi jumlah pemasukan.

Management keuangan yang bisa anda lakukan salah satunya dengan membuat rencana keuangan, dimana anda harus dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan anda untuk ditabung.

Namun salah satu masalah yang dihadapi generasi milenial saat ini adalah karena gaya hidup mewah kebanyakan dari mereka menghabiskan seluruh gaji untuk nongkrong, membeli barang-barang mewah dan jalan-jalan dibandingkan untuk menabung. Hal ini sesuai dengan survey yang dilakukan oleh Acorns (2015) yang dikutip dari Jakarta Post. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk mengatur keuangan.

Hindari menyewa rumah hunian

hindari tinggal di rumah hunian
hindari tinggal di rumah hunian

Generasi milenial umumnya yang belum memiliki rumah, sebagian dari mereka memutuskan untuk menyewa apartemen atau kos. Hal yang dapat anda lakukan adalah menghindari menyewa rumah hunian, dengan memutuskan tinggal bersama orang tua atau kerabat untuk sementara waktu hingga anda memiliki tabungan yang cukup. Menghindari untuk menyewa rumah hunian baik berupa kos atau apartemen perlu dilakukan karena salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya sewa.

Menabung secara otomatis untuk DP rumah

Menabung secara otomatis melalui reksadana
Menabung secara otomatis melalui reksadana

Menabung merupakan salah satu cara andalan agar dapat membeli rumah, langkah ini mungkin cara umum yang dilakukan oleh banyak orang. Memiliki uang dalam jumlah yang besar dengan penghasilan umum mungkin memerlukan waktu yang lama.

Maka dari itu anda perlu menyisihkan sebagian uang dari penghasilan anda untuk menabung. Salah satu cara efektif yang bisa anda lakukan untuk menabung adalah menggunakan fitur Reksadana Auto Invest, dimana fitur ini akan memotong sejumlah uang gaji anda dari rekening secara otomatis setiap bulannya sesuai dengan nominal yang telah disepakati di awal nantinya uang tabungan yang terkumpul tersebut bisa dijadikan uang DP untuk membeli rumah.

Menjadikan rumah operan kredit sebagai opsi

Rumah Oper kredit
Rumah Oper kredit

Jika anda belum memiliki sejumlah uang yang cukup untuk membeli rumah dengan cash, anda bisa mencari rumah operan kredit. Rumah operan kredit ini biasanya memiliki harga yang lebih murah karena pemiliki sebelumnya tidak mampu melanjutkan angsuran kreditnya, nantinya anda akan membeli rumah tersebut dengan harga tahun lalu. Seperti anda ketahui harga barang properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Tidak ada hal yang tidak mungkin untuk dilakukan, asalkan anda mau berusaha dan mempunyai perencanaan yang bagus. Semoga informasi tentang cara agar dapat memiliki rumah di usia muda dapat membantu anda. bukan hal yang tidak mungkin masih muda tapi bisa mampu membeli rumah sendiri.

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here