Perbandingan Membeli Rumah KPR dan Membeli Rumah Cash

membeli rumah dengan KPR atau Cash ?
Sebaiknya membeli rumah dengan KPR atau Cash ?

Mungkin anda pernah bingung diantara kedua pilihan tersebut. Membeli rumah pastinya memerlukan perencanaan yang matang dan sesuai dengan kemampuan keuangan anda.

Harga rumah sangatlah mahal terutama ketika lokasinya berada di tempat yang strategis. Saat ini banyak layanan yang diberikan agar masyarakat mampu membeli rumah, salah satu yang banyak diminati orang adalah membeli rumah dengan KPR.

Saat ini membeli rumah bisa jadi menjadi kebutuhan primer karena rumah sebagai tempat tinggal atau membeli rumah dengan tujuan investasi. Saat ini yang dapat melakukan investasi dalam bentuk rumah tidak hanya orang dengan penghasilan tinggi,

tapi orang dengan penghasilan pas-pasan pun dapat melakukannya karena saat ini masyarakat dapat membeli rumah dengan cara menyicil.

Lalu apa saja perbandingan membeli rumah KPR dan membeli rumah cash? Dan manakah yang cocok untuk kalian?

Perbandingan Membeli Rumah KPR dan Membeli Rumah Cash

sertifikat jadi jaminan

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dapat anda pertimbangan jika ingin membeli rumah KPR atau secara Cash.

Keuntungan membeli rumah KPR :

  • Anda tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memiliki rumah meskipun uang anda belum terkumpul seharga rumah tersebut, karena anda dapat membelinya dengan cara mengangsur setiap bulannya.
  • Untuk memiliki rumah dalam waktu cepat anda tidak perlu memiliki uang yang banyak, anda cukup membayar DP sebesar 25% sampai 30% dari harga rumah atau anda bisa membelinya tanpa membayar DP.
  • Jika anda dapat membayar uang DP makan jumlah angsuran yang anda bayarkan setiap bulan nominalnya tidak terlalu besar, waktu tempo untuk mengangsur pun tidak terlalu lama.
  • Rumah yang anda beli dapat langsung ditempati ataupun bisa sebagai usaha (sewakan) sehingga uangnya dapat anda gunakan untuk membayar angsuran.

Kekurangan membeli rumah KPR

  • Anda akan dikenakan bunga yang harus dibayarkan, pada prinsipnya semakin lama tempo pembayaran maka semakin banyak pula besarnya bunga yang harus dibayarkan.
  • Harga rumah tentunya lebih mahal jika dibandingkan membeli rumah dengan cara tunai atau cash.
  • Surat tanah (sertifikat) akan ditahan oleh bank sebagai jaminan hingga anda dapat melunasi hutang atau kredit tersebut.
  • Jika anda ingin menjual rumah tersebut sebelum angsurannya lunas maka anda proses rumit yang harus dilalui.
  • Jika anda akan melunasi kredit lebih awal dari waktu yang ditentukan, anda akan dikenakan denda.

Kelebihan membeli rumah cash atau tunai:

harga rumah lebih murah

  • Harga rumah lebih murah dan anda tidak dikenakan bunga jika membeli rumah dengan tunai.
  • Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga miring, karena anda dapat melakukan negosiasi dengan penjual rumah.
  • Anda dapat langsung menempati rumah tersebut tanpa perlu memikirkan biaya angsuran perbulannya.
  • Surat rumah (sertifikat) langsung dapat anda pegang, atau mungkin anda dapat memanfaatkan surat tanah tersebut untuk dijadikan jaminan jika anda ingin mengajukan hutang ke bank.
  • Anda dapat langsung menjualnya tanpa harus melalui proses yang rumit.

Kekurangan membeli rumah cash atau tunai:

  • Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk membeli rumah karena harus menabung atau mengumpulkan uang dengan nominal yang tidak sedikit.
  • Jika anda kurang jeli dan berhati-hati dalam mengecek dokumen lengkap rumah tersebut anda dapat mengalami kerugian yang cukup besar, lebih parahnya jika anda kena tipu pihak yang tidak bertanggung jawab bisa jadi uang anda akan hilang seketika tanpa bisa kembali.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda yang hendak membeli rumah. Saran saya anda dapat membeli rumah sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda, sehingga nantinya tidak terjadi masalah keuangan.

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here