Jokowi Pastikan, 2024 PNS Di Jakarta Pindah Ke Kaltim

Jokowi Pastikan, 2024 PNS Di Jakarta Pindah Ke Kaltim
Presiden Jokowi / Foto : Marlinda/detikcom

Oranyenews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kepastian jika semua aparatur sipil negara (ASN) akan pindah ke ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Hal tersebut menyusul proyek pembangunan cluster pemerintah yang diperkirakan selesai pada tahun 2024.

Ketika ditanya terkait hal tersebut, Jokowi langsung menegaskan jika semua ASN akan pindah bersamaan dengan selesainya cluster tersebut.

“Pindah semuanya langsung,” jelas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Dalam hal ini, ASN yang pindah tentunya yang bekerja pada instansi pemerintah pusat. Baik di kementerian dan juga lembaga.

Ia pun sudah memberikan perintah pada Kementerian PAN-RB untuk melakukan pendataan seluruh ASN yang saat ini berada di DKI Jakarta.

Jokowi memaparkan, pihaknya sudah memberikan perintah pada Menpan untuk melakukan survei. Hal ini dilakukan untuk semua PNS yang ada di ibu kota Jakarta.

Pasalnya, jelas Jokowi, harus diketahui berapa persen yang tidak menginginkan pindah. Dan berapa persen juga yang menerima untuk dipindah tugaskan.

“Itu sudah kita perintahkan kepada Menpan untuk menyurvei dulu kira-kira yang ingin nggak pindah berapa persen. Kita harus tahu dong,” terangnya.

Menurut rencana, ibu kota negara di Kalimantan Timur nantinya akan terdiri dari beberapa cluster. Mulai dari pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keuangan, dan juga riset beserta dengan pengembangan.

Khusus untuk cluster pemerintah, Mantan Wali Kota Solo tersebut menegaskan akan selesai pada tahun 2024.

Dengan demikian, bagi seluruh ASN pemerintah pusat juga akan ikut pindah ke Kalimantan Timur. Diharap, lanjut Jokowi, semua berjalan dengan lancar.

“Insyaallah kita harapkan seperti itu,” ungkapnya.

Seperti yang diketahui, rencana pemindahan ibu kota negara memang sudah tercanang sejak beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi tidak kunjung terlaksana lantaran terdapat beberapa kendala dan alasan.

Akan tetapi, pada pemerintahan Jokowi, wacana tersebut sepertinya akan segera terlaksana. Pasalnya untuk pembangunan berbagai cluster pemerintahan, sudah mulai diterapkan.

Untuk sebelumnya, Jokowi sudah mengumumkan bahwa ibu kota Negara akan pindah ke Kalimantan Timur.

Meski pada awalnya memunculkan pro dan kontra pada kalangan publik, namun hal tersebut bukan masalah yang perlu diperdebatkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here