Gaji Rp3 Juta Tapi Bisa Punya Rumah, Begini Tipsnya

Ilustrasi perencanaan keuangan (foto: Ist)

JAKARTA- Siapa bilang gaji Rp3 juta perbulan tidak dapat memiliki rumah?. Dengan perencanaan yang baik dan matang, dengan uang Rp3 juta, bisa saja mendapatkan rumah untuk masa depan bersama keluarga.

Sebagai seorang karyawan, mengelola gaji untuk berbagai pos pengeluaran, termasuk menabung untuk tujuan tertentu adalah hal yang wajib, jika ingin mencapai tujuan, yaitu memiliki rumah.

Pertama, yang harus dilakukan adalah menabung setiap bulannya Rp300,000 untuk mengumpulkan uang muka dalam pembelian rumah.

Kedua, jika tabungan sudah sesuai dengan uang muka rumah, maka langkah selanjutnya adalah mengambil kepemilikan rumah.

Ada dua pertimbangan financial yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli rumah idaman secara kredit. Pertama, menghitung berapa maksimum kemampuan untuk membayar cicilan kredit rumah. Keuangan yang sehat, maksimal pembayaran kredit rumah tidak boleh lebih dari 35 persen pendapatan.

Artinya, gaji anda perbulan Rp3.000.000, maka maksimal cicilan utang yang sehat adalah Rp1.050.000 perbulan. Angka tersebut, sudah termasuk untuk semua cicilan lainnya. Jadi, jika ingin mencicil rumah dengan angka tersebut, pastikan cicilan lainnya sudah lunas atau sudah tidak ada lagi. Pasalnya, jika Anda masih memiliki cicilan lain, maka cicilan untuk KPR anda akan semakin berkurang dari Rp1.050.000

Kedua, yang patut dipertimbangkan adalah menghitung kemampuan maksimum utang KPR. Misalnya, dengan asumsi bunga KPR 12% dan cicilan sebesar Rp 1.050.000 per bulan selama 15 tahun, maka maksimum harga rumah yang bisa Anda beli saat ini adalah Rp 134,5 juta.

Pengajuan KPR di Indonesia rata-rata hanya menanggung 65% dari harga rumah yang diajukan. Sehingga Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp47 juta untuk uang muka.

Nah, untuk mengumpulkan dana uang muka, selain menyisihkan penghasilan per bulan, bisa juga menyisihkan dari bonus, atau THR, yang diterima setiap tahunnya.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda, dalam merencanakan keuangan, agar tercapai keinginan yang diharapkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here