Diusulkan Jokowi, Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia

Diusulkan Jokowi, Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia
Menparekraf Mari Elka Pangestu / Foto : TEMPO/Tony Hartawan

Oranyenews.com, Jakarta – Diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investigasi, Luhut Binsar Pandjaitan, penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai salah satu Direktur Bank Dunia, merupakan rekomendasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terpilihnya Mari Elka Pangestu menjadi Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

“Mereka yang seleksi, World Bank, mereka menemukan yang terbaik, ya dia yang dipilih. Presiden yang usulkan, Presiden Jokowi,” ungkapnya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jumat (10/1/2020).

Ruhut menilai, penunjukan mantan Menteri Perdagangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sebagai salah satu pemimpin di Bank Dunia merupakan keputusan yang sangat tepat. “Bagus, bagus,” tuturnya.

Sedangkan dari sisi Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memberikan ucapan selamat atas penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

“Selamat kepada Prof Mari Elka Pangestu yang dipilih menjadi managing director di World Bank, saya kenal betul dengan Bu Mari dan atas nama pribadi dan BI selamat kepada Bu Mari yang menjadi salah satu menjadi pimpinan tertinggi di Bank Dunia,” paparnya di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Perry menilai, dengan penjunjukan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era SBY sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Mempunyai tugas untuk mengurus kebijakan terhadap pengembangan dan pembangunan di World Bank. Sehingga bisa mempunyai dampak baik untuk kelompok negara berkembang seperti Indonesia.

“Karena bidang beliau menangani masalah development policy, seperti policy-policy pembangunan yang insyaallah baik untuk emerging market termasuk Indonesia,” paparnya.

Sebelumnya, penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia, sudah diumumkan oleh Presiden Bank Dunia, David Mallpas, Kamis (9/1/2020) di laman resmi World Bank.

“Pengalamannya sebagai menteri senior, sekaligus ekonom dan peneliti yang diakui secara global, bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional tentang masalah pembangunan akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan kami di Bank Dunia dalam mendukung pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan,” ungkap Mallpas pada laman worldbak.org, dilansir Jumat (10/1/2020).

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here