Cara Membeli Rumah Lelang Bank Yang Aman, Hasil Sitaan

Cara membeli Lelang rumah
Gambar Ilustrasi Cara Membeli Lelang Rumah

Membeli rumah hasil lelangan Bank memiliki daya tarik tersendiri. Membeli rumah dari lelangan Bank menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan harga yang lebih miring. Hal inilah yang menjadi daya tarik masyarakat untuk berbondong-bondong membeli rumah hasil lelangan bank.

Namun anda tetap harus berhati-hati dalam membeli rumah lelang bank ini. Anda juga harus mempertimbangkan untung ruginya. Anda harus memastikan terlebih dahulu bagaimana sistem lelang rumah yang dilakukan oleh Bank.

Sistem lelang rumah yang dilakukan oleh Bank ini biasanya diumukan secara terbuka oleh Bank resmi milik pemerintah. Terdapat tiga bank yang sering menawarkan lelang rumah yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN.  Selain rumah bank juga menawarkan banyak properti lainnya seperti apartemen, gudang, tanah, atau ruko. Biasanya pihak bank memberikan penawaran lelang setiap satu bulan sekali.

Cara Membeli Rumah Lelang Bank Yang Aman

registrasi lelang rumah
Sebelum Membeli Rumah Lelang Haruslah registrasi di website lelang rumah

Rumah lelangan bank ini menjadi banyak rebutan terutama para investor. Namun anda harus jeli dan teliti dalam membeli rumah hasil lelangan bank. Artikel ini akan memberikan tips atau cara membeli rumah hasil lelang bank dengan aman.  Sebelum itu ada beberpa hal yang harus anda ketahui yang sebelum membeli rumah lelang bank.

Cek kondisi fisik rumah yang dilelang

Para calon pembeli harus teliti dan jeli mengecek kondisi rumah tersebut, karena bisa jadi hasil foto yang dipajang atau ditawarkan berbeda dengan kondisi aslinya. Jangan sampai anda kecewa nantinya. Jika waktu memungkinkan ada baiknya anda mengecek kondisi fisik rumah secara langsung. Jangan sampai anda membeli rumah yang tidak layak huni, hanya karena tergiur dengan harga murah. Tak jarang rumah yang dilelang kondisinya sudah rusak dan tak layak huni, sehingga nantinya anda harus mengeluarkan biaya renovasi yang cukup banyak.

Pastikan kelengkapan surat rumah yang dilelang

Anda perlu mengecek kelengkapan surat dari rumah tersebut. pastikan surat-surat penting itu lengkap dan tanpa adanya masalah. Anda juga perlu memastikan bahwa pajak bumi bangunan (PBB) lancar dibayarkan, karena jika PBB ini lama tidak dibayarkan akan menjadi masalah untuk pembeli baru nantinya.

Pastikan kondisi rumah

Setelah mengecek kondisi fisik rumah dan kelengkapan surat, anda juga perlu mencari tahu riwayat dari rumah tersebut ke pemilik asli atau  tetangga sekitar. Jangan sampai anda membeli rumah yang pernah bermasalah seperti memiliki riwayat dijadikan tempat pembunuhan.

Setelah memiliki tekat yang bulat untuk membeli rumah tersebut dengan berbagai pertimbangan diatas, langkah selanjutnya adalah anda perlu memahami tahapan lelang yang harus dilakukan.

Daftarkan Diri Anda

Jika anda sudah berminat membeli rumah lelangan bank, anda perlu mendaftarkan diri dan melakukan registrasi. Anda bisa melakukannya secara online dengan mendaftarkan nama dan email melalui situs Direktorat Jendral Kekayaan Negara, anda akan diminta untuk melengkapi beberapa berkas berupa informasi rekening, KTP, dan NPWP. Anda bisa mendaftar secara online jika anda tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke balai lelang.

Pilih rumah yang diinginkan

Pada halaman situs yang telah disediakan akan muncul beberapa foto rumah yang akan dilelang, anda Cuma perlu meng-klik salah satu gambar untuk melihat data rinci dari rumah tersebut. Anda perlu jeli dan teliti ketika memilih, jangan sampai anda menyesal nantinya.

Menyetor uang jaminan

transfer uang jaminan
transfer uang jaminan syarat untuk mengikuti proses lelang

Anda perlu menyetorkan sejumlah uang 20% sampai 30% dari harga rumah yang dilelang sebagai tanda bahwa anda mau mengikuti lelang. Anda cukup men transfer uang tersebut sesuai dengan nomor virtual account yang diberikan, setelah itu anda akan memperoleh token untuk melakukan penawaran terhadap rumah tersebut.  Batas maksimal waktu transfer adalah satu hari sebelum pelaksanaan lelang.

Proses lelang

proses lelang
Gambar Ilustrasi Proses Lelang

Penawaran akan dilakukan berkali-kali, dengan harga penawaran yang terus meningkat. Setelah waktu yang ditentukan berakhir akan dilakukan rekapitulasi, yang hasilnya akan dikirimkan via email.

Pelunasan

Jika anda dinyatakan sebagai pemenang lelang, anda akan diminta untuk melakukan pelunasan pembayaran dengan diberikan nomor virtual account, dengan batas waktu maksimal 5 hari kerja setelah pelaksanaan lelang.

Klaim rumah lelang yang dimenangkan

Setelah melakukan pelunasan, anda akan mendapatkan berita acara dari KPKNL untuk ditukarkan dengan dokumen rumah kepada pihak bank penyita.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here