Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui

Bisnis Online

Walaupun skalanya masih kecil, bukan berarti usaha anda bebas hambatan. Bahkan karena skalanya masih kecil banyak hambatan yang akan menghadang laju bisnis anda. baik itu dari kekurangan modal, sulitnya mencari lokasi yang tepat hingga salah menentukan strategi pemasaran.

Oleh karena itu untuk mendapatkan bisnis yang bisa survive dari berbagai masalah, anda wajib mengetahui apa saja hambatan yang kerap terjadi pada usaha kecil anda ini.

Dengan mengetahuinya anda juga bisa menentukan langkah tepat dalam mengatasinya. Banyak cara mudah dalam mengatasi hambatan-hambatan ini. salah satunya kekurangan modal.

Anda bisa mendapatkan tambahan modal dari investor, atau dari pinjaman pihak lain. Sesuaikan pemecahan masalah tersebut dengan kondisi anda. Agar anda bisa berjaga-jaga dan tidak kaget dengan masalah yang menimpa usaha anda, berikut beberapa jenis hambatan usaha kecil yang perlu anda ketahui.

Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui

hambatan kecil

  1. Kurang pemasok/supplier

Banyak pengusaha yang hanya memiliki satu pemasok saja. anda memerlukan lebih dari satu supplier untuk lebih memvariasikan produk yang anda jual. Selain itu jika pemasok hanya mengandalkan 1 pihak saja, dikhawatirkan jika terjadi masalah anda akan kehilangan pemasok dan repot mencarinya lagi.

carilah beberapa pemasok yang cukup sehingga jika terjadi masalah anda memiliki alternatif yang tepat dan meminimalisir terjadinya masalah komplek lainnya.

  1. Jangkauan pasar yang kurang

Semakin luas jangkauan pasar pada bisnis tentunya bisnis kemungkinan lebih tumbuh pesat. Oleh karena itu jangan sampai bisnis anda memiliki jangkauan pasar yang kurang. Maksimalkan promosi di media sosial untuk meningkatkan pangsa pasar. Anda bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads untuk memperluas jangkauan pasar anda. jika pembeli sedikit, anda akan bergantung sepenuhnya pada keputusan pembeli sehingga sebagai penjual anda tidak bisa leluasa menentukan harga.

  1. Kurang modal

Ini merupakan masalah klasik yang kerap terjadi. Kekurangan modal memang menghambat produktivitas usaha baik itu secara kecil maupun besar. modal bisa dicari dengan berbagai cara. Anda bisa mengajak investor, menggunakan aset pribadi, atau cara lain dengan meminjam ke pihak lain. Kurang modal tidak boleh terjadi dalam waktu lama karena akan mempengaruhi produktivitas dan geliat usaha anda.

  1. Persaiangan yang ketat

Hambatan lainnya adalah persaingan yang ketat. Persaiangan usaha yang ketat biasanya ada pada jenis usaha seputar kebutuhan pokok. Ini bisa menjadi hambatan sekaligus menjadi pembelajaran bagi anda dalam membuka usaha.

Persaiangan akan terus ada dan jika anda tidak inovatif maka usaha anda bisa tergerus oleh usaha lainnya yang lebih inovatif. Maka dari itu kelola persaingan bisnis anda secara tepat agar bisnis berjalan lancar.

Demikian berbagai hambatan dalam usaha kecil yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here