Mau Tau Berapa Standar Gaji untuk Hidup Layak ? Begini Cara Analisanya

0
91
GAJI

Oranyenews – Berapa Standar gaji untuk hidup layak ? Pertanyaan itu masih menjadi teka teki tidak penting seberapa besarnya gaji yang anda peroleh, yang terpenting anda dapat menikmati kehidupan. Tidak mengapa gaji kecil yang penting bebas melakukan yang di suka. Yang penting bukan seberapa besar gaji namun bagaimana anda menikmati pekerjaan anda.

Narasi ini seringkali kita dengar yang mana hal tersebut dibuat untuk memberikan motivasi pada masyarakat.

Hal tersebut memang tidak salah namun tidak 100% benar. Faktanya dalam menjalani kehidupan saat ini, aspek financial sangat dibutuhkan.

Bahkan untuk beribadah pun anda membutuhkan uang. Misalnya anda ingin sholat tentu tidak begitu saja kan, anda butuh pakaian, air bersih, alas kaki untuk menuju masjid yang mana semua itu harus di beli. Dan membelinya pakai uang kan, bukan menggunakan dengkul.

Terlebih lagi untuk kebutuhan makan hingga menjalankan aktivitas sosial, semuanya membutuhkan unsur keterlibatan uang. Nah sekarang mari kita bedah, kira-kira seberapa layak sih hidup saat ini dengan gaji yang seharusnya kita peroleh.

Nah pada kesempatan kali ini Kata hati ingin memberikan sebuah hal yang baru dalam ulasan, untuk membuka cakrawala dan wawasan kita saat ini, khususnya demi kehidupan kita bersama.

Standar gaji untuk Hidup Layak ?

Sebelum memulai itu ada baiknya kita mengakumulasi dahulu biaya kehidupan kita

sehari-hari. Minimal untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, mandi, mencuci, bayar listrik dan air kita butuh sekitar 3-4 juta per harinya.

Anggap saja kita ambil tengahnya berarti menemukan titik tengah 3,5 juta. Dan angka ini masih akan meningkat jika kita tinggal di kota-kota besar.

Bagi anda yang sudah memiliki anak maka butuh juga kan biaya pendidikan anak. Walaupun sudah ada program sekolah gratis namun sebenarnya tak sepenuhnya gratis loh. Biaya seragam, buku, dan juga uang saku seringkali masih harus kita keluarkan bukan.

Keluarga sederhana
Keluarga sederhana (Gambar Ilustrasi)

Tak hanya itu saja bagi mereka yang ingin anaknya pintar melebihi anak-anak lainnya, acapkali orang tua mendaftarkan anak-anaknya les tambahan. Dan bisa kita kalkulasikan bahwa untuk biaya tersebut kita membutuhkan pengeluaran tambahan sebesar 2,5 juta.

Lanjut pada biaya transportasi berkenaan dengan bensin atau yang naik angkot sebulan minimal bisa mengeluarkan biaya 1 juta rupiah. Ditambah dengan biaya komunikasi terkait pulsa dan paket data sebulan 300 ribu rupiah. Artinya untuk transportasi dan komunikasi kita butuh 1,3 juta rupiah.

Dan biaya itu semua juga harus ditambah lagi dengan biaya sewa atau kredit rumah yang merupakan bagian utama dan pokok untuk tempat berteduh dan membangun rumah tangga.

Apabila kredit rumah dalam jangka 15 tahun dengan tipe minimalis biasa nya kita harus mengeluarkan dana per bulannya sekitar 3-5 juta rupiah, dan jika mengontrak kita butuh biaya perbulan 500-1 juta rupiah.

kredit rumah
kredit rumah KPR (Gambar Ilustrasi)

Artinya dengan mengontrak rumah pengeluaran yang harus kita keluarkan dengan memasukan unsur biaya hidup+pendidikan+transportasi dan komunikasi maka kita harus mengeluarkan biaya sebesar 8,3 juta rupiah. Dan jika melakukan kredit rumah kita memerlukan biaya sebesar 10,3- 12,3 juta rupiah.

Dan penghasilan yang layak untuk kalkulasi di atas berada di angka 14-15 juta rupiah dengan estimasi anda bisa menabung atau mengalihkan dana lain untuk membeli secara kredit kendaraan.

Tentu saja tak semuanya mencapai penghasilan yang ideal seperti di atas. Dari kalkulasi di atas ada beberapa hal yang dapat membawa kita menuju gaji di atas bahkan lebih. Salah Satunya adalah meningkatkan potensi diri.

Asah yang kita bisa dan setelah anda mampu untuk mengasah apa yang anda bisa secara profesional, cobalah untuk mengenalkan dan memasarkan dengan baik kemampuan anda tersebut.

Kenali diri anda dan berusaha. Kuatkan personal branding anda, agar orang tau yang menjadi pembeda anda dengan orang lain serta orang lain mengetahui spesialisasi kemampuan anda.

Karena sudah kita ketahui bahwasanya di dunia kerja saat ini banyak perusahaan yang bingung untuk mencari talent yang tepat di bidang yang khusus. Untuk itu mulai sekarang kenali diri anda dan bangun personal branding anda saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here