Jadi Cawapres Terkaya 2019, Inilah 5 Sumber Kekayaan Sandiaga Uno

0
145
Sandiaga Uno

Kiprah Sandiaga Salahudin Uno yang akhirnya maju sebagai Cawapres mendampingi Prabowo Subianto, membuat sosoknya menjadi perhatian belakangan ini. Sebelumnya, pria yang dikenal sebagai pengusaha itu sempat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Bukan hanya karena wajahnya yang terlihat awet muda, jumlah harta yang dimiliki Sandiaga Uno pun membuat dirinya menjadi Cawapres terkaya di arena Pilpres 2019. Benarkah demikian?

Total harta yang dimiliki pria 49 tahun itu sebesar Rp 5 triliun. Jauh meninggalkan kontestan pemilu lainnya. Jika dilihat dari aplikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), ia diketahui memiliki sejumlah aset seperti tanah, properti, dan sejumlah bisnis yang tersebar di Tanah Air hingga ke luar negeri. Seperti apa rupa dari sumber uang sang Cawapres itu?

 

Saratoga Investama

saratoga

Bisa dibilang, usaha ini merupakan gerbong awal dari kekayaan yang dimiliki oleh Sandiaga Uno. PT Saratoga Investama Sedaya Tbk sendiri, didirikan bersama CEO Astra, Edwin Soeryadjaya pada tahun 1997 hingga 1998 . Dilansir dari saratoga-investama.com, Saratoga merupakan perusahaan investasi aktif dalam mengelola perusahaan – perusahaan di bawahnya, serta menjajaki peluang-peluang bisnis di Indonesia. Keuntungan yang diperoleh pun cukup bikin ngiler siapapun. Laba bersih yang dihasilkan sebesar Rp 4,8 triliun yang kemudian dibagikan kepada pemegang saham.

Adaro Energy

adaro

PT Adaro Energy Tbk, merupakan perusahaan jasa pertambangan yang juga di bawah kendali Saratoga Investama. Karena bergerak di bidang energi batu bara yang terbilang menguntungkan, perusahaan ini pun mencatatkan pemasukan yang cukup besar. Adaro Energy mencatat laba sebesar US$ 495 juta atau sekitar Rp 6,6 triliun (kurs Rp 13.500/dolar AS) di triwulan III-2017. Pendapatan bersihnya pun naik sebesar 37% menjadi US$ 2,4 miliar di akhir September 2017, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya US$ 1,7 miliar. Hmm, berapa ya duit yang diterima Sandiaga Uno?

PT Lintas Marga Sedaya

PT Lintas Marga Sedaya
PT Lintas Marga Sedaya

Di bidang infrastruktur, Sandiaga Uno lewat PT Lintas Marga Sedaya (LMS) ikut mengoperasikan jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer sejak 13 Juni 2015. Perusahaan tersebut bahkan telah disuntik dana sebesar Rp 8,889 triliun yang akan digunakan untuk membiayai pembangunan Airport Link Tol BIJB Kertajati dari Jalan Tol Ruas Cikopo-Palimanan (Cipali). Namun, semenjak Sandiaga berlaga di dunia politik, ia telah melepas kepemilikan sahamnya di PT LMS.

Pengoperasian dan konstruksinya dilakukan oleh konsesi saat saya masih jadi pengusaha. Kebetulan saya yang mendirikan (PT LMS). Tapi sekarang saya di politik, sudah tidak lagi ada hubungan usaha,” terang Sandiaga.

PT Provident Agro Tbk

PT Provident Agro Tbk
PT Provident Agro Tbk

Lewat PT Provident Agro Tbk, Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya menjual empat unit anak usahanya di sektor perkebunan senilai Rp2,67 triliun. Perusahaan tersebut adalah PT Global Kalimantan Makmur (GKM), PT Semai Lestari (SML), PT Nusaraya Permai (NRP), dan PT Saban Sawit Subur (SSS). Di mana mereka masing -masing menyumbang nilai sebesar Rp1,5 triliun (GKM), Rp595,95 miliar (SML), Rp498,99 miliar (SSS), dan Rp75 miliar (NRP). Auto ngantongin duit cash Rp 2,67 triliun nih

Aset properti yang tersebar di Indonesia dan luar negeri

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

Merujuk daftar LHKPN yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di situs lhkpn.kpk.go.id, Sandiaga tercatat memiliki kekayaan dengan nilai keseluruhan Rp 5.099.960.524.965. Jumlah tersebut mencakup tanah dan bangunan sebanyak 15 unit yang tersebar di Jakarta Selatan, Tangerang, Singapura, dan Amerika Serikat. Dilansir dari nasional.kompas.com, total dari keseluruhan nilai harta tanah dan bangunan yang dimiliki Sandi mencapai Rp 191.644.398.989.

Luar Biasa ya Sahabat Boombastis. Memang, Sandiaga Uno sejatinya lebih dikenal masyarakat Indonesia sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia juga kerap menghadiri acara-acara yang bertemakan entrepreneurship atau kewirausahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here