Penting Diketahui Jika Bekerja di Luar Negeri

ORANYENEWS- Mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri tentu menjadi suatu hal yang membanggakan sekaligus mengkhawatirkan. Pasalnya, jika tidak tahu dengan baik apa yang harus dilakukan, maka bisa menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan.

Sebelum memutuskan apakah akan mengambil kesempatan itu, cermati terlebih dahulu keuntungan dan kerugian dari tinggal dan bekerja di luar negeri, serta apa yang harus dilakukan berikut ini:

Keuntungan: Anda akan menempatkan diri Anda dalam budaya yang sepenuhnya berbeda.
Hal mudah bagi Anda untuk melakukan rutinitas di mana Anda tinggal di suatu tempat yang sama selama hidup Anda. Menjalani suatu cara hidup yang berbeda di negara lain dapat membawa ketertarikan baru kedalam hidup Anda, sesuatu yang Anda mungkin tidak pernah Anda alami jika Anda tinggal di negara sendiri.

Kerugian: Anda akan menempatkan diri Anda dalam budaya yang sepenuhnya berbeda.
Ketika Anda pindah ke luar negeri dan menerjunkan diri Anda sendiri dalam lingkungan tersebut mungkin terdengar menarik. Akan tetapi, hal ini juga sepenuhnya memungkinkan bahwa hal ini bukanlah hal terbaik untuk Anda lakukan. Anda mungkin tidak akan pernah terbiasa dengan budaya atau kebiasaan di negara pilihan Anda yang akan membuat frustasi dan  sebagainya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sistem dukungan yang selalu siap untuk Anda dari keluarga atau teman terdekat yang Anda andalkan.

Keuntungan: Anda akan menerima penghasilan yang lebih besar
Salah satu dari daya tarik terbesar dari bekerja di luar negeri adalah iming-iming mendapatkan gaji yang tinggi. Dikarenakan perbedaan nilai mata uang di dunia, jumlah yang Anda dapatkan saat berada di luar negeri akan bernilai lebih tinggi daripada jumlah yang Anda terima di daerah Anda sendiri.

Kerugian: Tempat hidup berbeda berarti biaya hidup yang berbeda pula. 
Saat Anda menghasilkan gaji yang layak, beberapa negara mempunyai biaya hidup yang berbeda yang berarti mungkin saja pendapatan Anda hanya akan cukup untuk biaya hidup saja.

Keuntungan: Hal ini dapat meningkatkan kemampuan Anda serta membantu Anda mempelajari hal-hal baru. 
Baik mempelajari bahasa baru atau aspek lainnya dari profesi Anda, bekerja di luar negeri dapat memperluas kemampuan Anda di tingkat yang lebih tinggi. Anda akan diperkenalkan dengan konsep dan cara baru untuk meningkatkan keahlian Anda yang akan mengembangkan proses belajar Anda lebih lanjut lagi dan juga menempatkan Anda pada level yang lebih kompetitif. Bertugas di luar negeri dapat berarti kabar bagus untuk resume dan portofolio pekerjaan Anda.

Kerugian: Sebagian besar pekerjaan relatif tersedia hanya dalam jangka waktu yang pendek. 
Sebagai orang asing, tidak akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan tetap dalam jangka waktu panjang. Negara berbeda mungkin mempunyai kebijakan yang berbeda dalam memberikan fasilitas untuk para pekerja asing. Akan tetapi, kenyataannya adalah visa atau izin kerja yang diberikan akan secara berkala menjadi kadaluarsa dan Anda diharuskan untuk memperbaharui dokumen Anda dan mungkin saja menjalani proses yang sama dari awal jika Anda ingin tinggal lebih lama.

Tips penting untuk membantu Anda memilih pekerjaan di luar negeri

Setelah Anda menimbang-nimbang untung rugi dari bekerja di luar negeri, berikut adalah fase lanjutan jika Anda telah memutuskan untuk mengejar mimpi Anda: menemukan cara untuk membuat mimpi menjadi nyata. Kami tidak akan berbohong  — dalam hal menemukan sebuah pekerjaan di luar negeri, memproses biaya visa dan persyaratannya, dan mengatur tanggung jawab Anda di tempat Anda sekarang dan di tempat tinggal Anda nanti bukanlah suatu hal yang mudah. Akan tetapi, sebagaimana banyak pekerja di luar negeri akan katakana, hal tersebut adalah proses yang sulit akan tetapi tetap dapat terpenuhi ketika Anda menetapkan pikiran Anda untuk hal tersebut. Sebagaimana tahap manapun dalam proses mencari kerja, kunci kesuksesan dalam hal ini adalah perencanaan.

Mulailah mencari hal apa yang Anda inginkan dan Anda harapkan untuk Anda raih dengan bekerja di luar negeri.
Anda dapat memulai dengan menetapkan dan menemukan jenis perusahaan yang membuat Anda tertarik, jenis-jenis pekerjaan yang Anda sukai, dan jika Anda mempunyai kecenderungan, Anda harus menetapkan target untuk menemukan pekerjaan tersebut di negara mana yang Anda inginkan. Anda perlu mempertimbangkan kesemua faktor ini sebelum Anda melanjutkan ke tahapan berikutnya dari proses ini.

Lakukan Penelitian Lebih Banyak
Setelah Anda menemukan segala sesuatunya, hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah untuk meneliti cara mencapai tujuan-tujuan Anda. Kumpulkan informasi terlebih dahulu untuk membuatnya lebih mudah untuk Anda melakukannya. Dan sama seperti ketika Anda meneliti tentang mencari pekerjaan di daerah Anda sendiri, internet akan menjadi teman terbaik Anda dalam pencarian ini. Internet kaya akan sumber yang dapat Anda temukan secara online untuk membantu Anda mencari pekerjaan di luar negeri. Selain itu, internet juga menyediakan informasi tentang persyaratan-persyaratan penempatan kerja serta proses actual dalam melamar pekerjaan tersebut. Anda bingung harus mencari dimana? Beberapa referensi berikut ini dapat memberikan anda banyak informasi untuk pertanyaan Anda:
* Website Perusahaan
* Publikasi, baik cetak maupun online
* Kontak Pribadi
* Perekrut
* Bursa kerja
* Networking event
* Website Universitas
* Agen Pemerintah dan Kedutaan Luar Negeri
* Portal Pekerjaan lokal

Temukan kesempatan dari para pimpinan perusahaan yang akan memberikan Anda sebuah pekerjaan di luar negeri.
Untuk para pekerja yang bekerja di perusahaan multi-nasional (MNC), hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu mereka menilai sebuah pekerjaan di luar negeri. Banyak perusahaan MNC menawarkan program transfer asing yang memberikan kesempatan bagi pekerja mereka untuk mengalami dan dilatih disalah satu kantor internasional mereka. Proses dari tugas pekerjaan ini dipersingkat oleh perusahaan MNC itu sendiri dengan menangani proses pembuatan visa dari pekerja yang mereka pilih, logistik, persyaratan transfer, dan bahkan menanggung kebutuhan tempat tinggal dan transportasi mereka.

Pertimbangkan melamar untuk sekolah tingkat lanjut di luar negeri.
Bagi Anda yang berminat untuk menapaki jalur akademis, program pasca sarjana membuka banyak sekali kesempatan untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Anda tidak hanya akan mengembangkan kemampuan Anda — yang selanjutnya dapat meningkatkan nilai jual Anda terhadap para pemimpin perusahaan — waktu yang Anda habiskan di sebuah universitas asing menawarkan Anda kesempatan membangun jaringan yang melimpah serta membuka akses untuk program-program yang akan membantu Anda mencari lapangan kerja di negara mereka.

Ikutilah program relawan di luar negeri.
Bergabung dalam sebuah misi kemanusiaan adalah sebuah cara hebat untuk menerjunkan diri Anda sendiri di suatu kebudayaan yang berbeda. Segalanya dilakukan sembari mengerjakan pekerjaan nyata yang seharusnya. Pekerjaan non-profit di seluruh dunia selalu mencari staff yang akan meminjamkan waktu dan usaha mereka  untuk memenuhi misi mereka. Sekali lagi, internet adalah suatu sumber yang hebat ketika Anda sedang tertarik mencoba mencari kesempatan bekerja sebagai relawan. Dalam hal kompensasi, bekerja sebagai relawan mungkin tidak akan menghasilkan sebanyak jika bekerja di suatu perusahaan. Akan tetapi, beberapa organisasi menyediakan tunjangan untuk para relawan mereka dan atau mungkin juga menyediakan asrama dan tempat tinggal.

Bersiaplah dengan korespondensi pencarian kerja Anda.
Mencari pekerjaan di luar negeri menawarkan suatu tantangan ekstra bagi para kandidat untuk mencari pekerjaan setempat. Langkah pertama, lamaran pekerjaan dan resume/CV harus cukup kuat untuk dapat dilirik oleh para pemberi kerja international. Terdapat banyak sekali saingan, itulah kenapa resume Anda harus mengemukakan alasan yang menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat. Tingkatkan kemampuan menulis resume Anda dengan mempelajari tentang tips dan cara yang benar untuk membuat resume yang menaklukkan setiap perekrut. Mengetahui pilihan suatu negara dalam mencari dokumen pekerjaan (sebaiknya Anda mengirimkan resume atau CV?) seharusnya juga akan membantu Anda memenangkan nilai tambah dari para pemberi kerja.

Bersiaplah untuk menyesuaikan perbedaan zona waktu.
Setelah Anda membuat hubungan dengan para pemberi kerja di luar negeri, fase selanjutnya adalah berinteraksi dengan lebih sering. Akan tetapi, tidak seperti mencari pekerjaan setempat, interaksi ini mungkin tidak dalam bentuk pertemuan secara langsung dan sering terjadi pada waktu yang ganjil dalam hari tersebut. Wawancara melalui Skype merupakan hal biasa dan dikarenakan perbedaan zona waktu, Anda harus siap untuk mengakomodasi wawancara kerja di luar jam kerja yang biasanya. Hal ini membutuhkan waktu agar Anda terbiasa. Akan tetapi, hal ini juga dapat menunjukkan ketertarikan dan keseriusan sebagai seorang kandidat jika Anda mematuhi jadwal mereka.

Bocoran tentang cara bertahan sebelum pergi dan selama masa tinggal Anda di luar negeri. Pelajarilah segala sesuatu yang perlu diketahui tentang negara tersebut dan tradisinya. Perbedaan budaya (culture shock) itu nyata. Terlebih jika Anda pindah ke negara yang sama sekali berbeda dengan negara asal Anda. Hindari masalah yang mungkin muncul dengan mempelajari semua hal tentang negara tersebut: budaya, etika, hukum, dan kebiasaan.

Milikilah tabungan yang cukup untuk menyokong Anda selama hari-hari dan bulan pertama Anda. Tujuan Anda adalah untuk mempunyai sumber pemasukan yang stabil untuk bertahan sampai akhir masa tinggal Anda. Akan tetapi untuk dapat menyokong Anda selama beberapa bulan pertama Anda, Anda harus mempunyai akses untuk memakai tabungan Anda. Memiliki akses yang mudah untuk menggunakan tabungan Anda sebelumnya dapat membantu Anda untuk bertahan ketika Anda sedang berusaha menghasilkan banyak uang dari pekerjaan Anda.

Rencanakan akomodasi Anda sebelumnya
Ketika beberapa perusahaan mungkin menanggung aspek ini dalam kepindahan Anda, banyak perusahaan yang meminta pekerjanya untuk menemukan tempat tinggal sendiri. Selalu pertimbangkan kebutuhan Anda ketika mencari tempat tinggal dan perhatikan lingkungan tempat tinggal, pilihan transportasi, dan kisaran harga sewa.

Pahami dan jelajahi hal-hal yang ditawarkan oleh negara tersebut.
Mengetahui segala sesuatu tentang tempat yang akan menjadi rumah Anda untuk satu atau dua tahun kedepan sangatlah masuk akal. Hiduplah seperti orang setempat dan pahami budayanya. Bergabunglah dalam acara umum dan berkenalan dengan masyarakat negara tersebut. Bekerja di luar negeri juga merupakan petualangan. Jadi mulailah membuat pengalaman yang tak terlupakan.

Temukan individu / komunitas tempat Anda berbagi
Anda akan sering merasa kesepian saat Anda jauh dari rumah Anda untuk waktu yang sangat lama. Kalahkan kesedihan tersebut dengan menemukan suatu komunitas yang mendukung di tempat kerja dan lingkungan tempat tinggal Anda. Berusahalah mengenal orang setempat atau sesama pendatang yang cocok dan Anda mungkin akan dapat menemukan keluarga kedua yang akan membantu Anda menghadapi masalah ini.

Tetaplah berhubungan dengan orang tercinta di rumah.
Ketika Anda memiliki suatu sistem dukungan dari teman-teman dan kolega adalah hal yang hebat, tetap tak ada satupun yang mengalahkan mendengar dan bertemu dengan teman-teman atau keluarga di rumah. Berkat bantuan teknologi, kita dapat mmenggunakan berbagai alat komunikasi untuk tetap berhubungan walaupun terpisah jarak ribuan mil. Hal ini tidak akan menjadi hambatan untuk tetap berhubungan dengan orang- orang yang kita sayangi dan rindukan di rumah.

Memilih untuk pergi ke luar negeri bukanlah hal ringan. Pada kenyataannya, hal ini mungkin menjadi salah satu pilihan paling sulit bagi seseorang dalam hidupnya. Kami benar-benar berharap bahwa artikel ini akan membantu Anda untuk membuat proses bekerja di luar negeri menjadi jauh lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here