Indikasi Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

0
418
Jokowi
Jokowi

INDIKASI keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara memang dipengaruhi oleh banyak hal tidak hanya dari pendapatan per kapita negara saja namun juga dari sisi sosial, ekonomi, dan politik rakyatnya.

Namun pembangunan ekonomi tersebut akan berpengaruh pada jangka panjang perhitungan per kapita suatu negara tersebut. Maka dari itu Anda perlu mengenal indikator apa saja yang digunakan sebagai perhitungan keberhasilan pembangunan ekonomi.

Suatu negara dianggap sukses dalam mengembangkan pembangunan ekonomi apabila hasil dari evaluasi dan perhitungan serangkaian program ekonomi yang dijalankan. Untuk itu memang lebih sulit lagi menghitung keberhasilan tersebut.

Dalam indikator tersebut dibagi menjadi tiga indikator yang berbeda yaitu indikator moneter, indikator non moneter, dan indikator kesejahteraan ekonomi. Berikut ini akan dijelaskan dari masing-masing indikator tersebut.

Indikasi Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Indikator Kesejahteraan Ekonomi

Pada indikator kesejahteraan ekonomi dapat dilihat dari hasil hitungan GNP dari dua hasil koreksi yaitu pertumbuhan PDB atau penduduk domestik bruto dan pendapatan per kapita. Pertumbuhan PDB mengalami peningkatan yang merupakan produksi dari nilai barang dan jasa yang dihasilkan dari wilayah tertentu dalam tempo waktu yang tertentu juga.

Untuk pendapatan per kapita itu sendiri dapat dibandingkan PDB yang dihasilkan dari jumlah penduduk. Jika terjadi peningkatan secara terus menerus akan menjadi indikasi bahwa berhasilnya suatu perekonomian negara tersebut.

Indikator Moneter

Pada indikator moneter ini terdapat faktor yang merupakan pendapatan riil per kapita. Dari indikator ini sendiri memiliki fokus pada upaya peningkatan standar serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada dalam negara tersebut. Sehingga tujuan peningkatan tersebut adalah pengentasan rakyat miskin agar bisa berkurang setiap tahunnya. Banyak aspek yang ada di dalam indikator moneter ini yang bisa menjadi parameter utama perhitungannya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca berbagai buku ekonomi dan pemerintahan suatu negara. Memang berbeda antara negara yang sudah maju dan negara yang masih berkembang.

Indikator Non Moneter

Beberapa indikator yang masuk pada parameter ini adalah indikator sosial yang di dalamnya terdapat kesamaan gender, tingkat pendidikan dasar, kematian ibu melahirkan, serta penurunan kematian anak dan balita.

Selain itu masih ada juga indeks kualitas hidup masyarakat yang termasuk angka harapan hidup, indeks pendidikan, dan standar hidup layak masyarakat negara tersebut. masih ditambah lagi dengan indeks campuran yang di dalamnya terdapat pendidikan, keluarga berencana, angkatan kerja, sampai perjalanan wisata. Sebetulnya masih banyak lagi parameter yang menjadi indikasi di dalamnya yang juga menjadi perhitungan indikator non parameter tersebut.

Memang ada banyak sekali indikator yang dapat menjadi perhitungan parameter tersebut tidak hanya semata dari perekonomian negara tersebut saja melainkan dari berbagai aspek. Jika Anda belajar lebih banyak tentang indikator perekonomian ini ada banyak jenis dan aspek di dalamnya yang menjadi nilai wakil dari suatu negara tersebut.

Beberapa negara maju di Eropa dan Amerika memang memiliki standar kualitas yang tinggi dibandingkan dengan negara yang berkembang sehingga nilai per kapita negaranya terlihat lebih tinggi pula.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Untuk lebih jelasnya mengenai indikator dan parameter perhitungannya bisa melihat di buku atau penyedia informasi ekonomi negara. Nantinya Anda akan lebih tahu dari mana saja data tersebut dikumpulkan dan bagaimana cara menghitungnya menjadi satu angka per kapita negara. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan Anda tentang dunia baru dalam ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here