Cerita Ustadz Solsof Membimbing Umrah Bupati 9 Tahun Berpuasa Daud

0
560

ORANYENEWS- Menjadi pembimbing umrah seorang Bupati merupakan pengalaman tersendiri bagi seorang Ustadz Soleh Sofyan atau yang akrab disapa Ustad Sosof. Rasa takut di hati muncul, khawatir tidak bisa berbuat adil dengan jamaah yang lain.

15 Januari 2018 Ustadz Solsof berkesempatan mendampingi umrah Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra beserta Istrinya, Ibu Wahyu Tjiptaningsih serta 45 jamaah Hawwa Tour lainya selama 10 hari.

Sosok Bupati yang low profile membuat Ustadz Solsof tidak canggung melontarkan guyonan kepada Sunjaya Purwadi sepanjang perjalan umrah, selebihnya seperti layaknya jamaah lain saling berlomba untuk meraih amal Ibadah yang maksimal selama umrah.

Tapi ada hal yang membuat Ustadz Solsof bertanya-tanya. Hampir setiap perjalanan di bus untuk berziarah, Istri Bupati selalu bertanya mengenai waktu salat, “Sudah Maghrib belum Ustadz?”.

Awalnya Ustadz Solsof menjawab standar saja, namun setelah pertanyaan itu kembali berulang & beberapa kali, apalagi melihat sang bupati tidak makan di siang hari dan hanya menemani Istrinya makan tanpa menyuap sedikitpun nasi.

Akhirnya, Ustadz Solsof memberanikan diri bertanya kepada ajudan bupati, dan mendapatkan jawaban yang mengagetkan sekaligus mengagumkan, “Iya Ustadz, beliau memang sudah lama Puasa Daud kurang lebih 9 tahun lamanya sampai sekarang.”

Ustadz Solsof cukup takjub dengan rutinitas puasa daud 9 tahun yang sudah dijalani Bupati Cirebon ini. Lalu, rasa penasaran lainnya pun muncul, mengenai alasan mengapa berpuasa Daud. Dia pun mencoba memberanikan diri, bertanya langsung kepada ‘narasumber utama’, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra.

Dengan ‘sedikit memaksa’, akhirnya bupati membuka cerita di balik puasa Daud yang telah dijalani ya.

“Saya mulai puasa Nabi Daud jauh sebelum saya menjadi Bupati Cirebon sekitar 9 tahun yang lalu,” kata Purwadi Sunjaya membuka cerita.

Dia mengaku amalan baik dengan berpuasa Nabi Daud didapatinya dari gurunya. “Sampai hari ini tetap Istiqomah tidak pernah batal, sehari puasa sehari tidak. Rasanya malu kalau tidak puasa, sementara semua yang saya inginkan Allah kabulkan dengan cepat,” katanya

Dia mencontohkan saat ingin menjual tanah miliknya di wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat, hanya membutuhkan waktu dua hari langsung terjual. “Belum nikmat-nikmat lain yang sangat cepat Allah berikan hanya dalam hitungan waktu”.

Kemudian cerita berlanjut ke masa kecil sang bupati, “Masa kecil saya tidak begitu menyenangkan Ustadz, untuk mengenal orang tua kandungpun (baru bisa dilakukan( setelah saya tumbuh dewasa. karena saya diasuh & disusui oleh pembantu yang membantu dirumah orang tua, tapi itu tidak menyurutkan bakti saya kepada kedua orang tua hingga ajal menjemput”.

“Bagi saya menjadi Bupati itu amanah, yang membuat saya tetap kuat memegang amanah di tengah godaan korupsi adalah dengan berpuasa sebanyak mungkin. Alhamdulilah saya sudah terbiasa berpuasa Nabi Daud”.

Ustadz Solsof pun membatin di dalam hatinya, “Subhanallah, satu lagi seorang pejabat yang merakyat & dekat pada Allah ada di tengah-tengah kita. Semoga bertambah lagi para pejabat daerah seperti ini di tengah-tengah maraknya OTT pejabat daerah oleh KPK. Dan Cirebon harus bangga memiliki Bupati Sholeh seperti Beliau. Semoga Menjadi Tauladan. Amin”.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here